6 Fitur Yang Sering Dilupakan Saat Membeli Laptop

Ketika mau membeli laptop, salah satu hal yang kita perhatikan adalah spesifikasi laptop yang bersangkutan. Terutama spesifikasi internalnya. Namun tidak jarang kita lupa kalau ada fitur laptop lain yang cukup perlu.

Prosesor, RAM, kartu grafis (GPU), besarnya media penyimpanan, dan baterai sering menjadi fokus utama ketika memilih laptop. Wajar saja, karena spesifikasi itu menentukan kinerja laptop sehari-hari. Tidak jarang juga kita silau dengan spek dewa yang ditunjukkan hal tersebut.

Tapi kalau kamu pikir lebih jauh, ada beberapa fitur yang sebenarnya juga kita perlukan. Hanya saja terlihat tidak penting atau kalah mengkilat dibanding spesifikasi internal. Yah, tergantung siapa yang mau beli laptop, beberapa fitur ini layak menjadi pertimbangan tambahan.

1. Colokan Kabel

Dalam beberapa tahun terakhir, bentuk colokan sedang mengalami perubahan. Akhir-akhir ini colokan USB Type-C sering menjadi standar. Bahkan baik untuk kabel daya laptop maupun kabel data. Begitupun untuk kabel media.

Untuk ini, kamu perlu mempertimbangkan perangkat lain yang kamu punya. Apakah kamu punya handphone Android dengan colokan micro-USB? Apakah kamu suka menghubungkan laptop dengan TV lewat kabel HDMI? Akankah kamu perlu tambahan dongle? Mempertimbangkan hal ini bisa mempengaruhi banyaknya kabel yang kamu bawa.

2. Layar

Kamu mungkin berpikir kalau layar laptop jaman sekarang pasti sudah canggih. Namun, pada kenyataannya, layar seringkali menjadi bagian yang diturunkan agar harga laptop lebih murah. Yah, tidak salah juga memilih laptop murah.

Tapi kamu perlu mempertimbangkan jenis layar, resolusi layar, tingkat kecerahan, sudut pandang layar, dll. Karena bagaimanapun, layar adalah sarana kamu berinteraksi dengan laptop.

3. Kipas / Fan

Kipas di laptop berfungsi untuk mengalihkan panas sehingga bagian dalam laptop tetap terjaga suhunya. Saat ini, laptop tanpa fan sering hadir demi ketipisan bodi laptop.

Hal ini bukan masalah untuk kamu yang menggunakan laptop secara ringan. Namun kalau kamu menggunakan laptop untuk bekerja berat, laptop tanpa fan beresiko menghadapi penurunan kinerja karena suhu yang meningkat. CPU akan membatasi kemampuan untuk menjaga suhu tetap stabil.

4. Keyboard

Keyboard juga termasuk yang sering dianggap remeh. Orang-orang berpikir semua keyboard sama saja. Salah satu hal yang perlu dilihat adalah apakah keyboard laptop itu punya lampu / backlit?

Keyboard dengan backlit akan sangat berguna ketika kamu harus berkegiatan di suasana gelap. Misalnya saat mati lampu. Mungkin kamu jarang menemui kondisi ini. Tapi ketika kamu ada di situasi itu, kamu akan bersyukur bisa melihat tombol di laptop dengan jelas.

5. Touchpad

Touchpad juga seringkali sudah dianggap sebagai fitur wajar. Tapi kalau kamu sudah pernah menyentuh laptop premium atau Macbook, kamu akan tahu perbedaan kualitas touchpad dan gestur yang didukungnya.

Silakan survey atau tanya bagaimana fitur touchpad laptop yang bersangkutan. Coba juga apakah enak dipakai atau tidak. Karena ada kondisi ketika kamu tidak bisa leluasa menggunakan mouse.

6. Webcam

Seiring meningkatnya teknologi smartphone, video call lebih sering dilakukan dengan handphone. Namun, kalau kamu sering bekerja online bersama teman, kualitas dan posisi webcam layak jadi pertimbangan. Apalagi dengan populernya layar bezel-less, tidak jarang posisi webcam dipindah ke tempat yang cukup janggal.