Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Inilah Berbagai Fitur yang Diharapkan Ada di One UI 2.5

Indri Penulis

Samsung dikabarkan tengah menyiapkan One UI 2.5. Menjelang perilisannya, inilah sederet fitur yang diharapkan banyak orang ada di One UI 2.5.

Kabar tentang pengembangan One UI 2.5 memang sudah beredar cukup lama. Bahkan kabar ini sudah muncul sejak Maret 2020. Sayangnya kabar terdahulu belum cukup memenuhi rasa penasaran pengguna ponsel Samsung.

popculture.id

Sebelumnya, One UI 2.5 dirumorkan akan dipakai di Galaxy Note 20 dan Galaxy Fold 2 mendatang. Setelah itu, One UI 2.5 akan dipindahkan ke perangkat lain seperti Galaxy S20 dan Galaxy Note 10.

Karena akan menjadi One UI versi terbaru, jadi pastinya One UI 2.5 akan punya beberapa peningkatan. Sayangnya sampai sekarang belum ada bocoran soal fitur yang dimiliki One UI ini.

Walau begitu, kami harap One UI 2.5 akan punya beberapa fitur berikut ini. Yah, supaya kinerjanya lebih bagus dari versi sebelumnya sih.

Sumber Gambar : Gizchina

Fitur yang Diharapkan Ada di One UI 2.5

Punya Aplikasi Camera Lebih Bagus

Aplikasi Camera di One UI 2.1 memang sudah bagus. Tapi kalau kalian jeli, sebenarnya aplikasi ini masih punya beberapa kekurangan lho.

Di One UI 2.1, aplikasi Camera selalu muncul dengan pengaturan default. Hal ini membuat pengguna perlu mengatur kamera sesuai selera mereka secara terus-menerus.

Ya harapannya sih di One UI 2.5 nanti ada peningkatan. Misalnya saat aplikasi Camera dibuka, muncul pengaturan yang disukai pengguna (yang sering dipakai pengguna).

Peningkatkan Bixby

Bixby Routines di One UI 2.1 memang sudah bagus. Meski bisa jalan secara otomatis, tapi rutinitas yang ditampilkan cuma itu-itu saja.

Contohnya saya memiliki rutinitas bernama ‘Spotify My Headphones.’ Rutinitas ini akan mendeteksi saat headphone dicolokkan ke ponsel. Ponsel otomatis akan memutar Spotify.

Sayangnya saat headphone dicolokkan untuk nonton video YouTube, video harus dijeda dan berganti Spotify. Hal ini tentu sangat menjengkelkan.

Jadi harapannya nanti, One UI 2.5 bisa memiliki rutinitas yang lebih canggih. Misalnya rutinitas Spotify akan berhenti saat saya menonton video YouTube memakai headphone.

Fitur Face Unlock yang Ditingkatkan

Sensor biometrik Samsung sebenarnya cukup bagus sih. Ya walaupun kadang-kadang terasa lambat sih. Mungkin bagus kalau face unlock di One UI 2.5 bisa mendeteksi wajah bermasker.

Ya mirip seperti fitur Face ID terbaru yang ada di iOS 13 nantinya. Fitur ini pasti akan sangat berguna. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Jam Alarm Lebih Pintar

Beberapa orang kadang ada yang bangun lebih dulu dari alarm yang sudah mereka buat. Biasanya, sebagian orang akan bermain HP, kemudian alarm baru berbunyi beberapa saat kemudian.

Nah, mungkin Samsung nanti bisa membuat inovasi baru. Misalnya saat HP diangkat atau dipakai sebelum alarm berbunyi, ada notifikasi alarm muncul di layar.

Pengguna diberi dua pilihan, mau menonaktifkan alarm atau membiarkannya saja. Kalau tidak ada perintah apa pun, alarm akan aktif dan berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

Kembalinya Efek Paralaks

One UI 2.0 telah menghapus efek paralaks atau gerakan layar utama. Sebenarnya penghapusan efek ini dapat meningkatkan kinerja ponsel. Tapi beberapa pengguna ada yang menyayangkan hal ini.

Walau Cuma efek visual, tapi tidak sedikit pengguna ponsel yang ingin dimanjakan matanya. Bahkan sebagian pengguna berharap One UI 2.5 punya pengaturan manual soal efek paralaks. Jadi pengguna bisa menghidupkan atau mematikan efek sesuai selera.

    %d blogger menyukai ini: