Stage Channel: Fitur Obrolan Ruang Suara Discord yang Mirip Clubhouse

Discord jadi perusahaan terbaru yang luncurkan fitur mirip Clubhouse bernama Stage Channel. Bagaimana tampilan dan cara kerjanya?

Kalau kamu pernah memakai Discord, platform ini memang telah menawarkan obrolan suara. Biasanya, fitur ini dipakai orang-orang untuk berbicara dengan bebas.

Sebaliknya, fitur Stage Channel cuma dirancang untuk orang-orang tertentu. Bisa dibilang, fitur ini lebih cocok untuk acara yang lebih terstruktur seperti komunitas atau AMA (ask me anything alias tanya jawab).

Cara Kerja Fitur Stage Channel Discord

Dilansir dari The Verge, fitur Stage Channel kini telah tersedia di semua platform Discord seperti Windows, macOS, Linux, iOS, Android, dan Web.

Karena ketersediaanya yang luas, Discord menjadi aplikasi pertama yang menawarkan ruang obrolan di berbagai jenis platform. Beda jauh dengan Clubhouse yang saat ini baru tersedia di iOS, sedangkan versi Android masih dalam tahap pengembangan.

Nah, sekarang kamu bisa lihat penampakan fitur Stage Channel di masing-masing platform. Gambar di bawah ini adalah penampakan fitur saat dipakai di desktop.

Tampilan Stage Channel Discord Desktop
Sumber Gambar : Discord

Sedangkan gambar yang kedua ini adalah penampakan fitur Stage Channel saat dipakai di smartphone. Penampilannya mirip Clubhouse dan Twitter Space sih.

Tampilan Stage Channel Discord Smartphone
Sumber Gambar : The Verge

Kalau kamu ingin mencoba fitur ini, kamu harus mengaktifkan fitur Community di server-mu lebih dulu. Kamu bisa mengaksesnya lewat โ€˜Server Settings > Community.โ€™ Nah, di sana kamu tinggal ikuti saja arahan dari Discord.

Di sisi lain, kamu juga bisa bergabung ke Stage Channel yang dibuat oleh orang lain. Setelah masuk, kamu akan dibungkam dan terdaftar sebagai anggota penonton. Kamu bisa melihat siapa saja yang menjadi pembicara, dan siapa saja orang yang bersamamu di daftar anggota.

Jika kamu ingin mengajukan pertanyaan, kamu tinggal tekan tombol โ€˜gambar angkat tangan.โ€™ Tunggulah sampai moderator mengizinkanmu, dan setelah itu kamu bisa ikut berbicara.

Oya, moderator Stage Channel juga dapat membisukan speaker dan mengeluarkan anggota dari obrolan lho. Yah, biasanya hal ini dilakukan kalau ada salah satu anggota yang mengganggu.

%d blogger menyukai ini: