Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Makin Canggih, Inilah Deretan Fitur Terbaru watchOS 7

Indri Penulis

Apple resmi mengumumkan salah satu OS barunya, watchOS 7. watchOS7 hadir dengan sederet fitur baru yang siap memanjakan pengguna Apple Watch.

Lewat acara WWDC 2020, Apple resmi mengumumkan sejumlah OS baru mereka. Ada iOS 14, iPadOS 14, macOS Big Sur, dan juga watchOS 7.

popculture.id

Di artikel ini saya secara khusus bakal membahas soal watchOS 7. Ini adalah sistem operasi generasi baru untuk Apple Watch. Diperkirakan, OS ini bakal datang bersama Apple Watch 6.

apa saja fitur baru yang dihadirkan Apple ke watchOS 7? Baca sampai selesai ya.

Deretan Fitur Baru watchOS 7

Tampilan Jauh Lebih Kompleks

Sumber Gambar : Mac World

watchOS 7 sekarang mendukung tampilan yang lebih kompleks. Seperti memasang beberapa informasi dalam satu tampilan (maksimal 8 informasi). Pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan sesuai prioritas dan minat mereka.

Misal untuk orang tua yang baru punya bayi. Mereka bisa mengatur beberapa informasi dalam satu tampilan. Seperti informasi soal rincian pemberian botol susu, waktu menyusui atau memompa ASI.

Sumber Gambar : Mac World

Selain itu, OS ini juga membawa tampilan Chronograph Pro dengan tachymeter. Fitur ini bisa menampilkan detail kecepatan berdasarkan waktu tempuh jarak jauh.

Face Sharing

Sumber Gambar : iLounge

Face Sharing adalah fitur baru yang belum ada di OS sebelumnya. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi dan menyesuaikan konfigurasi tampilan Apple Watch mereka.

Sebelumnya, kalau teman kalian punya tampilan Apple Watch yang bagus, kalian harus bertanya langsung ke mereka. Bagaimana cara memasangnya, lalu menirunya ke Apple Watch kalian.

Tapi sekarang di watchOS 7 berbeda. Pengguna lain bisa mengirimkan tata letak tampilan mereka ke kalian. Setelah itu, Apple Watch kalian otomatis bakal menyesuaikan tampilan itu. Simpel kan?

Sleep Monitoring (Pemantau Tidur)

Sumber Gambar : Mac World

Akhirnya Apple Watch bisa punya pelacak tidur. Lewat watchOS 7, Apple menawarkan fitur untuk membangun rutinitas tidur yang lebih sehat. Caranya yakni dengan melacak waktu dan kualitas tidur pengguna.

OS ini juga bekerja dengan fitur wind down di iOS 14. Fitur ini bakal mengurangi gangguan, serta membantu pengguna membuat rutinitas malam yang lebih sehat.

Sumber Gambar : Mac World

Serunya, watchOS 7 juga punya alarm lebih beragam. Ada alarm dengan audio lembut. Ada pula audio alarm dengan umpan balik haptic, yakni berupa dengungan yang tidak mengganggu orang di sekitar.

Opsi Latihan Kebugaran Lebih Banyak

Sumber Gambar : CNET

Fitur latihan kebugaran yang ditawarkan OS ini jadi lebih banyak. Fitur yang baru saja ditambahkan adalah Dance. Fitur ini bakal melacak gaya tari populer seperti Hip Hop, Latin, Bollywood dan tarian berbasis cardio.

Fitur ini bekerja menggunakan accelermometer dan gyroscope. Kedua teknologi itu bisa mendeteksi perbedaan gerakan tubuh bagian atas dan bawah, lalu menggabungkannya dengan data denyut jantung.

OS ini juga membawa fitur baru lainnya seperti Core Training, Functional Strength dan Cooldown. Sementara aplikasi Activity sekarang ganti nama jadi Fitness. Aplikasi ini tetap memberikan data aktivitas harian, latihan, dll kepada pengguna.

Pendeteksi Cuci Tangan

Sumber Gambar : Business Indsider

Fitur ini sebenarnya adalah tindak lanjut dari pandemi COVID-19. Seperti yang kalian tahu, COVID-19 memaksa kita untuk selalu menjaga kebersihan diri. Salah satunya dengan rajin cuci tangan.

Nah, watchOS 7 sekarang otomatis bisa mendeteksi pencucian tangan lho. Fitur ini bekerja menggunakan sensor gerak dan mikrofon. Mikrofon ini bisa menangkap suara sabun dan air, serta meminta kalian mencuci tangan selama 20 detik. Wah, keren ya.

Maps

Sumber Gambar : Forbes

Sama seperti pendeteksi cuci tangan, Maps juga fitur yang dibuat sebagai tindak lanjut COVID-19. Fitur ini sebenarnya lebih ditekankan untuk pengguna sepeda.

Lewat fitur ini, kalian bakal diberi rute perjalanan yang lebih sepi. Jadi kalian bisa bersepeda sambil menghindari kerumunan.

Tidak hanya itu, fitur ini juga bakal memberikan detail kondisi rute ke pengguna. Seperti waktu, jarak tempuh, jalur sepeda, tanjakan, dll.

    %d blogger menyukai ini: