Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur WhatsApp Yang Belum Ada Sampai Tahun 2022

whatsapp android iphone

Fitur WhatsApp menyajikan banyak sekali keuntungan bagi setiap penggunanya. Inilah yang menyebabkan mayoritas orang bermigrasi dari SMS ke WhatsApp.

Ketergantungan terhadap WhatsApp dipicu dari pengguna yang secara masif meng-install-nya. Bisa jadi inilah yang menjadikannya bertahan sebagai aplikasi nomor satu sampai sekarang.

Seiring dengan popularitas WhatsApp, update pun terus dilakukan sehingga menarik banyak orang untuk menggunakannya.

Namun apakah fitur WhatsApp sekarang ini benar-benar sudah cukup bisa mewakili segala kebutuhan pengguna? Mungkin iya, mungkin saja tidak.

Jika melihat perkembangan fitur-fitur terbarunya, WhatsApp memang cukup bisa mewakili. Entah itu digunakan untuk keseharian bahkan untuk menunjang pekerjaan. Ditambah dengan hadirnya Fitur WhatsApp bisnis, membuatnya semakin lengkap saja.

Tapi jika melihat sebentar fitur-fitur platform kompetitor, Telegram misalnya, WhatsApp bukanlah apa-apa. Pasalnya Telegram memiliki berbagai fitur bermanfaat yang belum dimiliki WhatsApp sampai sekarang.

Deretan Fitur Yang Belum Ada di WhatsApp

Sampai update WhatsApp terbaru di Tahun 2022 ini, nampaknya masih ada fitur yang belum tampak. Sebagian pengguna sudah tidak lagi menutup mata. Malahan beberapa sudah mulai bereaksi dengan ketertinggalan WhatsApp dan mulai meng-install aplikasi lain.

Di antara fitur-fitur yang harus segera WhatApp munculkan adalah:

Jadwal Kirim Pesan

Schedule Messages adalah fitur yang sangat penting dan harus ada. Sangat disayangkan jika WhatsApp tidak memiliki fitur ini.

Bayangkan jika kamu hendak mengingatkan temanmu di jam tertentu. Tidak mungkin kan kamu harus standby terus-terusan. Nah, dengan fitur ini, harusnya kamu tidak perlu lagi menunggu jamnya tiba, karena sudah bisa atur sendiri jam berapa pesan ini akan dikirimkan.

Polling

Polling adalah fitur yang cukup seru ya. Karena bisa membuat grup lebih hidup. Misalkan baru-baru ini muncul beberapa film seru di bioskop. Salah seorang anggota grup bisa membuat polling, “mau nonton apa hari ini?”. Bisa juga buat tanya “mau makan siang apa?” atau “mau nongkrong di mana?“. Namun sayangnya di WhatsApp belum ada.

Baca Juga:  WhatsApp Kembangkan Fitur Stiker Avatar Buatan Sendiri

Sebenarnya tinggal menunggu waktu sih WhatsApp menghadirkan polling, karena sekarang WhatsApp masih dalam tahap pengembangan fitur ini di IOS.

Tapi bagi yang tidak sabar membuat polling, ada satu trik membuat polling WhatsApp yang bisa dipakai. Yakni fitur reaksi emoji pada pesan. Sebenarnya lebih tepatnya feedback atau respon aja sih, tapi lumayanlah bisa buat polling ala-ala.

Mengunci Percakapan

Keamanan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Di WhatsApp, fitur keamanan ini baru tersedia untuk kunci aplikasi saja. Yaitu dengan otentikasi 2 faktor untuk memverifikasi pengguna aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya lebih bagus jika ditambahkan keamanan tambahan untuk sebagian pesan. Misal hidden percakapan tertentu atau untuk membuka percakapan tertentu harus masukkan password terlebih dahulu.

Pakai Akun Sama di Dua Ponsel

Memiliki 2 atau 3 smartphone agaknya menjadi tren sekarang ya. Mungkin dengan harapan kalau yang satu lowbat bisa gunakan hape satunya lagi, atau untuk dua kepentingan berbeda. Tapi bagaimana dengan WhatsApp-nya?

Karena akun WhatsApp belum mendukung login di banyak hape dalam satu waktu. Sudah pasti ini adalah sebuah problem. Kasus ini berbeda dengan WhatsApp Desktop loh ya, yang tidak bertabrakan meski di-login bareng hape (Linked Device).

Tapi Lagi-lagi para user tidak perlu risau. Layaknya fitur polling, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur ini. Bisa dilihat dari program Beta di Playstore, akun pada hape A dapat di-login juga di hape B melalui QR Code (Linked Device).

Pakai Dua Akun di Satu Ponsel

Kelemahan terbesar WhatsApp adalah tidak bisa pakai dua akun (dua nomor berbeda) dalam satu device. Seperti kita tahu, sekarang sudah banyak ponsel mendukung kartu SIM ganda.

Untungnya, untuk pebisnis online sudah tersedia WhatsApp Bisnis. Jadi untuk mereka bukan masalah lagi.

Baca Juga:  Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online Dan Mengetik, Paling Mudah!

Tapi berbeda dengan mereka yang punya nomor WhatsApp pribadi dan untuk kantor. Ini adalah masalah serius. Pada akhirnya tidak sedikit dari mereka terpaksa menggunakan aplikasi unofficial atau aplikasi clone agar bisa mengoperasikan akun kedua.

Padahal bisa saja Meta mengadopsi fitur Switch Account Instagram untuk WhatsApp juga, seperti yang sudah dilakukan Telegram. Tapi entah kenapa sampai sekarang fitur ini masih juga belum tersedia.

Mengatur Stiker Lebih Rapi

Fitur penting lain yang belum bisa WhatsApp suguhkan untuk para pengguna adalah pengaturan Sticker. Sama halnya dengan teks, stiker harusnya sih dapat perhatian lebih. Terutama harus mudah digunakan.

Untuk memudahkan penggunaan, mungkin WhatsApp perlu menambahkan fitur untuk merapikan Paket Stiker. Sebagai contoh, kalau kamu hobi bikin stiker, kamu susah menambah hanya satu desain saja ke paket stiker yang sudah ada.

Sayangnya, untuk stiker WhatsApp, kamu harus pasang satu paket full agar bisa digunakan. Kamu bisa menemukan paket stiker ganda karena ini. Bikin penuh saja.

Tidak seperti Telegram, yang sudah dibekali dengan bot sticker. Yang mana dengan fitur tersebut memungkinkan user untuk membuat, menambah, sampai berbagi paket stikernya.

Jadi harapannya, semoga di tahun 2022 ini ada tambahan fitur WhatsApp terbaru yang mampu men-setting paket stiker tanpa harus install aplikasi tambahan.