Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur WhatsApp Undo Delete for Me Resmi Hadir, Bisa Balikin Pesan yang Nggak Sengaja Terhapus!

whatsapp undo delete for me
Sumber: Twitter/Will Cathcart
Indri Penulis

Fitur WhatsApp undo Delete for Me resmi hadir. Fitur ini bisa kembalikan pesan Hapus untuk Saya yang nggak sengaja terhapus.

WhatsApp akhir-akhir sibuk banget. Bagaimana tidak, dalam waktu yang hampir berdekatan WhatsApp mengumumkan beberapa fitur baru. Entah itu yang sudah resmi rilis, atau yang masih dalam tahap uji coba.

Contohnya beberapa waktu lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba fitur Picture in Picture di aplikasi iOS. Sebelumnya, WhatsApp juga resmi meluncurkan fitur Avatar untuk semua pengguna.

Nah yang terbaru, WhatsApp kini resmi meluncurkan fitur undo pesan Hapus untuk Saya. Lalu bagaimana cara kerja fitur WhatsApp undo Delete for Me? Mari kita lihat.

Cara Kerja Fitur WhatsApp Undo Delete for Me

Baru-baru ini kepala WhatsApp, Will Cathcart, mengumumkan fitur WhatsApp undo Delete for Me. Kabar tersebut ia umumkan langsung lewat akun Twitter resminya.

svg%3E
Sumber: Twitter/Will Cathcart

Dalam cuitannya, Will Cathcart mengatakan kalau fitur terbaru WhatsApp ini bisa mengembalikan pesan Hapus untuk Saya, yang mungkin nggak sengaja ditekan pengguna.

Nggak berselang lama, akun Twitter resmi WhatsApp juga memposting hal yang serupa. Fitur WhatsApp undo Delete for Me akhirnya resmi rilis.

svg%3E
Sumber: Twitter/Will Cathcart

Bisa kamu lihat dalam tampilan di atas. Setelah pengguna menghapus pesan dengan fitur Hapus untuk Saya, pengguna bisa melihat notifikasi yang memberi tahu bahwa pesan sudah dihapus.

Nah di samping notifikasi tersebut, ada tombol ‘Undo.’ Saat pengguna mengklik tombol ‘Undo,’ maka pesan yang tadi dihapus akan otomatis kembali.

Fitur ini jelas sangat membantu pengguna WhatsApp. Sebagai orang yang sudah lama pegang WhatsApp, saya sendiri kadang sering salah pencet. Niat ingin menghapus pesan pakai fitur Hapus untuk Semua Orang, tapi yang kepencet malah Hapus untuk Saya.

Baca Juga:  WhatsApp Kembangkan Fitur Stiker Avatar Buatan Sendiri

Sementara itu, saat ini fitur WhatsApp undo Delete for Me sudah bisa dinikmati semua pengguna. Saya pribadi sudah coba cek di aplikasi WhatsApp Android.

Saya kemudian iseng coba hapus salah satu pesan di ruang obrolan pakai fitur Hapus untuk Saya. Benar saja, setelah pesan tersebut saya hapus, saya melihat notifikasi dengan tombol ‘Urungkan’ / ‘Undo.’

Tapi notifikasi tersebut hanya muncul beberapa detik saja (bahkan sangat cepat). Pada percobaan pertama, saya belum sempat mengklik tombol ‘Urungkan.’

Namun di percobaan kedua, saya berhasil mengklik tombol tersebut. Akhirnya pesan yang sebelumnya sempat terhapus, kembali lagi seperti semua.

Catatan penting untuk WhatsApp, mungkin notifikasi ‘Urungkan’ / ‘Undo’ bisa dibikin lebih lama. Dengan begitu pengguna bisa punya waktu lebih longgar saat ingin mengembalikan pesan yang terhapus.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]