Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

7 Game MOBA Terbaik Untuk Android dan iPhone

game MOBA android
Anom Penulis

MOBA adalah salah satu game yang paling populer. Karena sudah begitu banyak game jenis ini di Play Store, mari kita lihat beberapa game MOBA terbaik untuk Android dan iPhone.

MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Permainan ini memiliki karakteristik pertempuran antara dua tim dengan tujuan tertentu untuk meraih kemenangan. Bentuk paling populer dari permainan ini, tentu saja, adalah arena dengan 3 jalur, berbagai monster di tengah, dan menara di tiap jalur. Namun ada pula yang menawarkan bentuk lain.

popculture.id

Jika kamu membuka Play Store atau App Store dan mencari game MOBA, kamu akan menemukan begitu banyak pilihan. Sebagian besar memiliki tipe permainan yang mirip. Nah, kalau kamu baru mau terjun ke dunia MOBA, bisa jadi hal itu membingungkan.

Namun, di sisi lain, kita tidak bisa mengelak kalau ada beberapa game yang lebih populer di antara lainnya. Game tersebut tidak hanya mendapat rating bagus, tapi juga memiliki komunitas kuat. Bahkan punya kompetisi yang disegani.

Game MOBA Terbaik untuk Android dan iPhone

Arena of Valor

game moba android arena of valor

Arena of Valor menawarkan berbagai mode permainan, seperti 5v5, 3v3, 1v1, battle royale, Football Fever, Hook Wars, dan Battle of Clones. Selain itu, game ini juga menawarkan begitu banyak Hero, termasuk karakter superhero DC dan Wiro Sableng.

AoV juga mendukung lokasi server lokal di Indonesia dan memiliki turnamen berbagai level. Mulai regional sampai kelas internasional, termasuk Asian Games (pertama kali di Indonesia dengan Cina sebagai peraih medali emas).

Mobile Legends: Bang Bang

game moba android mobile legends

Mobile Legends menawarkan permainan klasik MOBA dengan pertarungan 5v5 selama 10 menit. Yang menarik dari game ini adalah kalau koneksi terputus, AI akan mengambil alih kontrol karaktermu, sehingga terhindar dari pertarungan yang tidak seimbang. Seperti juga AoV, Mobile Legends memiliki berbagai turnamen, termasuk Sea Games 2019 di Filipina.

Vainglory

game moba android vainglory

Vainglory menawarkan pertarungan MOBA klasik 5v5, 3v3, dan Blitz. Mode tersebut bisa dimainkan solo, ranked, atau kasual. Yang menarik dari game ini adalah Vainglory merupakan permainan cross-platform, mendukung tampilan 120 fps, banyak Hero, dan punya komunitas kuat (top 5 Discord). Vainglory juga sudah menerima berbagai penghargaan.

LoL: Wild Rift

League of Legends: Wild Rift merupakan versi mobile dari game MOBA populer seri ini. Permainan 5v5 dengan berbagai mode (Ranked, PvP, Aram, Co-op) hadir di sini. Wild Rift sering disebut sukses membawa dunia League of Legends ke versi mobile dan dengan cepat memiliki basis fans yang kuat.

Pokemon Unite

Pokemon Unite adalah game MOBA dengan mekenisme permainan yang berbeda. Alih-alih menghancurkan turret musuh, di sini kamu harus mencetak gol. Namun sama seperti lainnya, berbagai Pokemon di game ini juga memiliki role dan skill masing-masing. Kamu juga harus menerapkan strategi yang tepat untuk bisa menang.

Brawl Stars

game moba populer brawl stars

Brawl Stars memberikan permainan MOBA ringan 3v3 dalam berbagai mode. Misalnya: Gem Grab, Heist, Bounty, Brawl Ball, Siege, dan Showdown (bernuansa battle royale). Seperti game buatan Supercell lain, game ini punya tampilan warna-warni dan ceria. Game ini pun dengan cepat menjadi populer.

Battle Bay

battle bay moba kok kapal

Battle Bay menawarkan permainan 5v5 sebagai permainan utama. Game ini juga memiliki berbagai event dengan beberapa variasi mode, seperti 2v2 atau 3v3. Yang menarik dari Battle Bay tentu saja karena permainan ini menampilkan game MOBA alternatif dalam bentuk kapal (MOBA kok kapal?!?). Game ini juga punya komunitas yang cukup baik.

Pilih Yang Mana?

Kalau kamu baru mau mulai main, tentu bisa bingung mau main yang mana. Tapi ada beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan.

Beberapa game di atas, seperti AoV, MLBB, Vainglory, dan LoL Wild Rift, memiliki durasi permainan yang relatif panjang. Sementara Pokemon Unite, Brawl Stars, dan Battle Bay punya durasi permainan yang lebih pendek.

Lalu, keempat permainan pertama juga memiliki nuansa kompetitif yang lebih serius. Sementara tiga permainan terakhir lebih santai, walau tetap menuntut skill tersendiri kalau mau kompetitif.

Nah, sekarang tinggal kamu pilih salah satu Game MOBA terbaik di atas yang mau kamu mainkan di ponsel Android atau iPhone milikmu.

    %d blogger menyukai ini: