Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Game Overwatch 2 Raup 25 Juta Pemain Hanya Dalam 10 Hari

gambar ilustrasi game overwatch 2
Gambar: Blizzard
Anom Penulis

Game Overwatch 2 berhasil meraup 25 juta pemain hanya dalam 10 hari. Padahal, pada saat peluncurannya, game ini mengalami banyak masalah. Mengingat hal itu, pencapaian ini jelas menjadi prestasi tersendiri.

Blizzard Entertainment secara resmi meluncurkan game Overwatch 2 pada tanggal 4 Oktober 2022. Game ini hadir di berbagai platform, baik Xbox, PlayStation, Nintendo Switch, dan PC.

Prestasi Jumlah Pemain Game Overwatch 2

Pencapaian jumlah pemain ini diumumkan oleh akun resmi Overwatch di Twitter. Bersama pengumuman ini, mereka juga berterima kasih pada para pemain yang sudah bergabung.

Jika kita pikir, mungkin prestasi ini memang tidak mengherankan. Karena waralaba game ini memang butuh penyegaran. Tidak sedikit gamer yang antusias ketika Blizzard pertama kali mengumumkan Overwatch 2 di BlizzCon 2019.

Yah, pendahulunya, game Overwatch sendiri, merupakan salah satu permainan yang sempat sangat populer. Sebagai permainan hero shooter, game ini juga menginspirasi berbagai permainan sejenis bermunculan. Misalnya T3 Arena di ranah mobile gaming.

Kini, Overwatch 2 membawa beberapa perubahan. Misalnya jumlah pemain dalam satu tim di Overwatch 2 yang berkurang dari 6 menjadi 5 karakter. Desain beberapa karakter juga mendapat perbaikan.

Tapi yang paling berpengaruh dalam kepopulerannya ini adalah Overwatch 2 bisa dimainkan secara gratis. Ketersediaan secara gratis memang menjadi daya tarik tersendiri.

Lihat saja game Fall Guys meraih jumlah pemain 50 juta setelah jadi gratis. Lalu ada juga fenomena PUBG versi PC yang jumlah pemainnya naik 500% setelah tersedia secara gratis.

Peluncuran Overwatch 2 Bermasalah

Toh setelah peluncurannya, Overwatch 2 mengalami berbagai tantangan. Banyak pemain melaporkan adanya bug dan problem ketika membuka game tersebut.

Baca Juga:  7 Info Penting di Overwatch 2 Reveal yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Beberapa masalah yang menghinggapi game Overwatch 2, meliputi: “Error starting game,” server down, kehilangan koneksi ke server, skin dan kosmetik yang hilang, hero yang juga hilang, daftar teman tidak muncul, pembelian memberi item berbeda, dll.

Belum lagi masalah serangan yang dialami game ini. Blizzard mempublikasikan bahwa ada serangan DDoS besar-besaran ke game Overwatch 2. Publikasi ini dilakukan oleh Mike Ybarra melalui tweet-nya.

Serangan DDoS itu menjadi salah satu penyebab masalah pemain kehilangan koneksi ke server. Saat itu, tim dari Blizzard segera berusaha menanganinya.

Sebagai konsekuensi dari segala masalah ini, Blizzard meminta maaf pada para pemain. Mereka juga memberikan “ganti rugi” dalam bentuk bagi-bagi skin.

Waralaba Overwatch Kembali Populer?

Selain mempertimbangkan masalah yang terjadi paska peluncuran, prestasi jumlah pemain Overwatch 2 ini memberi arti tersendiri bagi waralaba game tersebut. Karena meskipun sempat populer, kecemerlangan game ini sebenarnya mulai menurun di sekitar tahun 2018-2019.

Menurunnya popularitas game Overwatch ini terjadi akibat mekanisme permainan yang terlalu berat pada kemampuan crowd control dan tank karakter. Pola permainan yang berubah inilah yang menghilangkan minat para pemain.

Sekarang, pola permainan Overwatch 2 dirubah, Pertempuran berjalan lebih cepat dan lebih bersifat aktif jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan begitu, tiap permainan pun jadi lebih seru dan dinamis.

Tentu, kepopuleran yang saat ini diraih masih perlu mendapat ujian lebih jauh. Pencapaian pemain Overwatch 2 yang sejumlah 25 juta ini bisa menurun. Lihat saja kasus yang dialami oleh game populer lain (bahkan bisa disebut waralaba legendaris), Halo Infinite.

Di sisi lain, jika Blizzard menerapkan sistem permainan dengan benar, bukan tidak mungkin jumlahnya terus meningkat. Bahkan menjadi standar permainan hero shooter kembali.

Baca Juga:  Game "Overwatch 2" Buka Pendaftaran Versi Beta PVP

Kita lihat saja apakah game Overwatch 2 bisa terus menancapkan tajinya atau tidak. Bagaimanapun industri game saat ini sudah berkembang jauh. Persaingan bertambah ketat, termasuk dari ranah mobile gaming.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang bermain Overwatch 2? Kalau iya, bagaimana pengalamanmu memainkannya?