WHAT?! Google Bakal Melarang Fitur Kamera Beauty AI di Android 11

Cewek-cewek siap gigit jari nih!

Google kabarnya akan menghilangkan fitur kamera Beauty AI di Android 11. Siap-siap katakan selamat tinggal untuk wajah mulus, pipi tirus, dan mata belok.

Bagi pengguna smartphone Android, kalian pasti sangat akrab dengan fitur Beauty AI di kamera bukan? Sesuai namanya, fitur ini bakal membuat wajah kalian jadi lebih mulus tanpa noda saat difoto.

Sayangnya ada kabar kurang menyenangkan untuk para penggemar fitur Beauty AI. Pasalnya, Google kabarnya akan melarang fitur ini di kamera Android 11.

Kamera Android 11 Diprediksi Tanpa Fitur Beauty AI

Dikutip dari situs Slash Gear, kabar ini berasal dari akun Twitter @MishaalRahman. Akun itu mengatakan kalau tidak akan ada lagi Beauty Mode atau Beauty AI di kamera Android 11.

Sumber Gambar : Twitter/Mishaal Rahman

Rahman juga mengatakan kalau perubahan ini bakal hadir di pembaruan Camera API Behavior v.7.5.4. Nantinya, perangkat kamera dan Camera API tidak akan bisa mengubah tampilan wajah.

Kedepan, perubahan atau pengeditan baru bisa dilakukan saat foto sudah dijepret. Bukan saat akan menjepret wajah seperti biasanya.

Di Android 11, semua perangkat Android mau tidak mau harus menuruti syarat dari Google. Yakni memastikan wajah (warna kulit, bentuk wajah, tekstur kulit) tidak berubah.

Mungkin kalian bingung, kenapa Google sampai seketat ini melarang Beauty AI. Ternyata Google punya alasan khusus lho.

Sumber Gambar : OPPO

Salah satu alasannya Google yakni ingin menghindarkan pengguna Android dari teknologi deepfake. Teknologi ini bisa menukar wajah orang dalam di berbagai konten.

Memang alasan yang dipakai Google sangat masuk akal. Tapi, apakah keputusan Google ini bisa diterima pengguna Android? Pasalnya mayoritas pengguna Android sering memakai fitur Beauty AI.

Fitur ini banyak dipakai orang-orang (khususnya cewek) saat selfie. Yah, tujuannya adalah untuk memperhalus wajah, menghilangkan noda di wajah, meniruskan wajah, dll.

Hampir semua smartphone Android juga telah memakai fitur ini. Smartphone yang sering mengandalkan fitur ini adalah OPPO dan VIVO.

Makanya, jangan heran kalau hasil foto selfie smartphone ini sangat mulus. Inilah yang membuat OPPO dan VIVO masuk jajaran smartphone favorit cewek Indonesia.

Wah, kalau Beauty AI resmi dihilangkan dari kamera Android 11, pasti cewek-cewek akan frustasi nih. Termasuk saya. Sudah pakai Beauty AI saja masih β€˜burik,’ apalagi kalau tidak? Hahaha.

%d blogger menyukai ini: