Google Chrome Bakal Bisa Blokir Unduhan Berbahaya di HTTPS

Google telah menghadirkan pembaruan Chrome 80. Di pembaruan terbarunya, Google Chrome bakal bisa blokir unduhan yang berbahaya di HTTPS.

Google Chrome adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan orang di dunia. Tampilannya yang simpel serta mudah digunakan, membuat Chrome jadi pilihan banyak orang.

Sebagai browser andalan dari Google, Chrome selalu mendapatkan pembaruan secara berkala. Seperti baru-baru ini, Google baru saja menghadirkan update Chrome 80 ke Android dan desktop.

Nah, sebagai bagian dari update, Google menghadirkan fitur pembaruan konten campuran otomatis. Fitur ini adalah bagian dari rencana Google untuk mengamankan web dengan HTTPS.

Kedepan, Google Chrome juga akan memblokir unduhan berbahaya di HTTPS. Lalu seperti apa cara kerja fitur ini? Mari simak ulasannya.

Sumber Gambar : Digital

Google Chrome Blokir Unduhan Berbahaya

HTTPS (HTTP Secure) adalah protokol komunikasi telah lama dipakai Chrome. HTTPS sendiri diklaim sebagai versi HTTP yang lebih aman.

Dalam upaya untuk membuat HTTPS lebih aman, Google menghadirkan fitur baru ke Chrome. Fitur ini akan bekerja dengan memblokir semua unduhan yang dinilai berbahaya di HTTPS.

Dimulai dari Chrome 80, Google telah menghadirkan pembaruan konten campuran otomatis. Setelah itu lanjut ke Chrome 81 yang akan rilis Maret 2020.

Di Chrome 81 dan 82, Google hanya akan memberi peringatan kepada pengguna tentang konten berbahaya. Google belum menindaklanjuti unduhan berbahaya.

Lalu pada Chrome 83, unduhan yang dianggap berbahaya akan langsung diblokir sepenuhnya. Kalian bisa perhatikan tabel di bawah ini. Tabel ini adalah gambaran update Chrome masa depan.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Google mengklaim kalau file unduhan berbahaya memiliki banyak resiko. Beberapa resiko yang harus ditanggung si pengunduh adalah bocornya privasi dan keamanan pengguna.

Biasanya orang yang tidak bertanggung jawab akan menukar file unduhan dengan malware. Nah, saat malware sudah masuk ke komputer atau ponsel, bisa jadi data kita akan dicuri hacker.

Untuk mengatasi masalah ini, Google akan bertindak tegas terhadap unduhan berbahaya. HTTPS adalah langkah pertama yang diambil Google untuk menanggulangi masalah ini.

Lalu seberapa penting kah fitur ini? Privasi adalah hal pertama yang harus dijaga pengguna internet. Kalau privasi bocor ke orang lain, khawatirnya kita akan menjadi korban tidak kejahatan.

%d blogger menyukai ini: