Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Hindari Larangan Amerika, Huawei Bangun Pabrik Chipset Sendiri

perusahaan Huawei
Anom Penulis

Salah satu kendala yang Huawei alami saat ini adalah mengembangkan chipset untuk berbagai produknya. Namun kabar terbaru menyebutkan Huawei akan bangun pabrik mikroprosesor mereka sendiri.

Kendala mengembangkan chipset itu merupakan hasil dari larangan pemerintah Amerika pada berbagai pemasok untuk menyediakan komponen ke Huawei. Larangan ini memberi pukulan besar pada Huawei, sampai-sampai Mate 40 disebut sebagai ponsel dengan chipset Kirin terakhir.

popculture.id

Rencana Membuat Pabrik Sendiri

Menurut laporan dari Financial Times, Huawei berencana membangun pabrik mikroprosesor mereka sendiri di Shanghai. Pabrik ini akan memproduksi berbagai komponen chipset untuk berbagai produk.

Laporan itu juga menyebutkan kalau Shanghai IC R&D Center, rekan Huawei, yang akan menjalankan operasional pabrik. Dalam jangka pendek, pabrikasi ini masih merupakan eksperimen, sampai proses pengembangan komponen sudah benar-benar siap untuk produk Huawei.

Berdasar laporan, pabrik itu akan mulai memproduksi keping 45nm. Rencananya, pengembangan akan berjalan ke proses 28nm di tahun 2021 dan ke 20nm di tahun 2022. Jadi kelihatannya langkah ini merupakan investasi jangka panjang.

Chipset hasil pabrik itu akan menjadi “otak” bagi produk-produk, seperti smart TV, perangkat IoT (Internet of Things), dan perangkat jaringan 5G. Belum ada rencana yang nampak untuk pengembangan chipset smartphone.

Bagaimana Nasib Ponsel Huawei?

Chipset Kirin sendiri — yang merupakan hasil kerja sama dengan pemasok dari Barat — sebenarnya sudah mencapai proses arsitektur 5nm. Teknologi yang serupa dengan chipset A14 Bionic mirip Apple dan merupakan yang pertama untuk smartphone Android. Sungguh sayang.

Seperti disebut di atas, langkah ini merupakan investasi jangka panjang. Untuk jangka pendek, seperti menyiapkan Huawei P50, belum terdengar kabar pasti. Walau ada kabar kalau pembuat keping mikroprosesor asal Amerika mengusahakan pasokan komponen ke Huawei, masih banyak hambatan hadir.

Nasib smartphone Huawei saat ini masih menggantung. Walau mereka masih berhasil duduk di posisi kedua pangsa smartphone global dan sudah mengembangkan ekosistem sendiri, entah apa yang terjadi nantinya.

    %d blogger menyukai ini: