Update Windows 10 ‘Sun Valley’ Akan Hadirkan Desain Ikon Baru

Seperti yang sudah dirumorkan, sistem operasi Windows 10 disebut akan mendapat perubahan tampilan yang lebih segar. Salah satunya, update Windows 10 ‘Sun Valley’ akan memiliki berbagai ikon baru, menggantikan ikon jadul dari era Windows 95.

Ya, kamu nggak salah baca. Ikon dari era Windows 95. Tidak percaya? Coba saja kamu buka File Explorer dan lihat berbagai ikon yang berhubungan dengan aplikasi sistem. Pasti kamu akan menemukan ikon yang kelihatan jadul. Misalnya ikon floppy disk.

Mungkin kelihatannya nggak penting. Tapi jangan salah. Tampilan antarmuka sering membuat pengguna lebih nyaman memakai sebuah aplikasi atau dalam hal ini sistem operasi. Tanya saja pada pengguna perangkat Apple. ?

Perubahan ikon baru Windows 10 ‘Sun Valley’

Perubahan ikon ini ditemukan oleh tim Windows Latest. Mereka menemukan berbagai ikon berbeda pada preview build terbaru. Ikon itu hadir untuk berbagai hal di folder/option/button di dalam shell32.DLL. Sebuah modul yang hadir sejak Windows 95.

Tim Windows Latest membandingkan ikon-ikon tersebut dengan ikon yang ada pada update Windows 10 Oktober 2020. Bayangkan, pada update tahun 2020 pun masih ada sisa ikon dari era tahun 95.

kiri: preview build; kanan: saat ini (gambar: Windows Latest)

Bisa kamu lihat, sebagian besar ikon itu mendapat tampilan yang lebih modern. Baik dari sisi bentuk dan warna. Lihat saja ikon printer, jaringan, folder, bahkan, juga untuk ikon floppy disk. ?

Perubahan Windows 10

Bicara soal desain, Microsoft memang memperbarui penampilan, baik untuk Windows maupun aplikasi lain seperti Office. Desain yang diterapkan saat ini berbasis dengan apa yang disebut Fluent Design System. Contohnya ya bisa kamu lihat di ikon aplikasi Office di berbagai platform.

Pepatah menyebutkan kalau rumput tetangga terlihat lebih hijau. Hal ini berlaku juga untuk sistem operasi. Harus kita akui, dari sisi visual macOS memang terlihat lebih keren (saya pakai perangkat Windows, macOS, Android, dan iOS). Untungnya Microsoft sudah bergerak jauh lebih maju untuk urusan ini.

Di samping sisi visual, nampaknya Microsoft juga akan melakukan perubahan beberapa fitur (yang hadir secara bertahap). Misalnya dengan menambahkan fitur ‘News & Interest’ di Taskbar. Beberapa perubahan mendatang juha nampaknya berhubungan dengan batalnya Windows 10X dirilis.

%d blogger menyukai ini: