Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Inilah Beberapa Teknik Belajar Photoshop Bagi Pemula

Indri Penulis

Adobe Photoshop memiliki banyak fungsi, dan banyak digunakan dalam dunia kerja. Berikut ini beberapa teknik belajar Photoshop untuk pemula.

Photoshop merupakan pintu pembuka untuk banyak karier. Namun aplikasi ini paling banyak digunakan untuk desain grafis dan fotografi.

popculture.id

Untuk menguasai Photoshop, tidak bisa dilakukan secepat kilat. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar dapat menguasai aplikasi ini.

Sementara bagi pemula, kesabaran dan ketelatenan dibutuhkan jika ingin bisa Photoshop. Inilah beberapa teknik belajar Photoshop yang perlu dilakukan pemula:

Sumber Gambar : Medium

Pelajari Dasar Desain Grafis Paling Dasar

Ilmu desain grafis tidak hanya didapatkan dari bangku pendidikan. Sebab kini telah banyak buku atau website gratis yang menyediakan materi desain.

Sebelum menggunakan Photoshop, kalian bisa coba Canva Design School atau HackDesign. Kedua website ini menyediakan materi desain grafis yang diperbarui setiap minggu.

Kenali Photoshop Workspace

Adobe akan membawa kalian ke Photoshop Workspace. Disana ada banyak tutorial untuk memanfaatkan ruang kerja.

Di dalam Workspace, bukalah contoh gambar yang disediakan Photoshop. Lalu ikuti instruksi yang ada di dalam video.

Sebaiknya jangan hilangkan Workspace dari bookmark Photoshop. Sebab bagi pemula, tutorial dasar sangat dibutuhkan dalam proses belajar.

Sementara itu, Photoshop juga menampilkan Rich Tooltips. Fitur ini berisi deskripsi teks dan pelajaran video untuk membantu memahami fungsi setiap tools.

Pelajari Satu Tools Setiap Hari

Tempat tools di Photoshop terletak di sebelah kiri. Meski sempit, tapi ada banyak tools yang akan tampil jika kalian klik panah kecil di bagian bawah toolbar.

Setidaknya ada 65 tools untuk seleksi, memotong, memperbaiki, melukis, menggambar, dll. Saat membuka Photoshop, cobalah mempelajari salah satu tools tersebut.

Carilah tutorial dasar terhadap tools yang kalian pilih. Pelajari cara menggunakan tools tersebut, dan penerapan dalam proyek sederhana.

Mempelajari tools satu per satu tidak membuat kalian kewalahan. Selain itu, ini adalah cara yang baik untuk menghafal pintasan keyboard Photoshop sejak awal.

Belajar Dari Pakar Photoshop

Cara termudah belajar Photoshop adalah dari para ahli. Seorang mentor di dunia nyata mungkin sulit ditemukan. Tapi mentor virtual jauh lebih mudah ditemukan.

Tentukan bagian Photoshop yang ingin kalian kuasai. Lalu carilah pakar online spesialis materi yang kalian ingin pelajari.

Bagi pemula, kalian bisa belajar dari Julieanne Kost dan Terry White. Kalian dapat menemukan mereka di Adobe TV, Lynda.com, HowNow, KelbyOne dan PluralSight.

Nah, kalau kalian ingin mencoba program lain, silakan baca artikel tentang aplikasi alternatif Photoshop. Ciao!

    %d blogger menyukai ini: