Inilah Beberapa Tokoh Jahat di Film yang Justru Ada Benarnya

Dalam sebuah film, tentu ada tokoh jahat (antagonis). Meski menjengkelkan, namun tokoh jahat di film berikut ini justru memiliki sudut pandang yang benar.

Saat menonton film, penonton biasanya akan terpaku dengan tokoh utama (protagonis). Tokoh utama selalu mendapat dukungan dari penonton karena aksinya yang selalu benar.

Namun bagaimana dengan tokoh jahat di film? Kebanyakan orang akan men-judge mereka sebagai tokoh jahat dan menyebalkan.

Tapi dalam beberapa film, beberapa tokoh jahat justru memiliki pemikiran yang benar lho. Bisa jadi mereka melakukan tindakan kejahatan, namun punya alasan baik dibalik itu semua.

Berikut ini beberapa tokoh jahat di film yang ada benarnya:

Killmonger โ€“ Black Panther

Sumber Gambar : Junkee

Killmonger adalah tokoh jahat di dalam film Black Panther, alah satu film MCU. Killmonger adalah salah satu anggota kerajaan. Sayangnya ayah Killmonger tewas dibunuh oleh Tโ€™Chaka.

Killmonger tumbuh mengikuti prinsip sang ayah. Dia pun ingin menyebarkan teknologi maju milik Wakanda. Hal ini dilakukan untuk membantu kelompok marginal di seluruh dunia.

Selain itu, Killmonger juga berniat mengirim senjata untuk melancarkan kudeta. Meski salah, tapi dia selalu melayangkan kritik membangun terhadap pemerintah Wakanda.

Salah satu kritik pedasnya adalah, kebijakan Wakanda yang menutup diri dari negara lain. Bahkan Wakanda tidak mau tahu jika ada negara tetangga yang merana.

Tyler Durden โ€“ Fight Club

Sumber Gambar : Nerdist

Tyler merupakan seseorang yang punya gaya hidup anti kemapanan dan anarki. Dia hidup lepas, merdeka dan Bahagia, seolah-olah tidak ada beban dalam hidupnya.

Bisa dibilang Tyler adalah penggambaran dari alam bawah sadar yang sangat liar dan tanpa aturan. Meski begitu, dia adalah seorang teman yang seru dan pemimpin karismatik.

Gaya hidup Tyler sangat bahaya jika kita contoh. Tapi jika bisa memilah-milah ajaran Tyler, justru hal tersebut berguna untuk menghadapi kehidupan nyata yang penuh tekanan.

Jigsaw โ€“ Jigsaw

Sumber Gambar : Movie Eden

Jigsaw adalah film yang penuh adegan penyiksaan super sadis. Film ini memiliki tokoh utama dengan nama yang sama, yaitu Jigsaw.

Hal positif yang dapat diambil dari film ini bisa dilihat dari korban Jigsaw. Mereka adalah orang-orang yang tidak bersyukur dan menghargai hidup.

Sebelum bermain dengan korbannya, Jigsaw akan memberikan rekaman video atau suara. Rekaman itu selalu diakhiri dengan kalimat โ€˜โ€ฆlive or die, make your choice.โ€™

Korban harus memilih antara hidup atau mati. Dalam setiap permainan, si korban dituntut untuk melakukan sedikit pengorbanan. Hal ini dilakukan agar mereka bisa lolos dari permainan.

Walau Jigsaw seorang psikopat, tapi dia selalu menepati janji. Jigsaw akan membiarkan korbannya hidup jika mereka lolos dari ujian yang diberikan.

Thanos โ€“ The Avengers: Infinity War

Sumber Gambar : Hindustan Times

Dalam film tersebut, tujuan Thanos adalah mengembalikan kejayaan hidup. Hal ini dia lakukan dengan mengurangi setengah populasi di dunia.

Hal tersebut sebenarnya bisa dibilang masuk akal. Mengingat di salah satu adegannya, terdapat planet yang hancur karena overpopulated.

Banyaknya populasi membuat dunia cepat rusak. Sebab orang akan bersaing untuk mengeruk bahan bakar, energi, makanan, tanah, dll.

John Doe โ€“ Se7en

Sumber Gambar : Pinterest

John Doe adalah pembunuh berantai yang membunuh orang berdasarkan 7 Dosa Pokok. Dosa itu adalah kerakusan, ketamakan, kemalasan, hawa nafsu, kesombongan, iri hati, dan kemarahan.

Salah satu kasusnya adalah membunuh model sombong. John menghasut gadis tersebut bunuh diri daripada menanggung aib bermuka jelek.

Suatu ketika, John datang secara sukarela ke kantor polisi. Saat di dalam mobil polisi, John mengungkapkan motif pembunuhannya kepada 2 detektif.

Secara tidak langsung, John mengkritik era modernitas kapitalis. Hal tersebut telah menyamarkan batasan antara dosa dan nilai-nilai sosial.