Inilah Pengertian Google Play Pass dan Cara Menggunakannya

September 2019, Google meluncurkan ‘Google Play Pass’ untuk pengguna Android. Berikut pengertian Play Pass dan cara menggunakannya.

Google Play Pass mungkin masing asing bagi pengguna Android. Tidak heran, sebab layanan ini memang baru beberapa waktu lalu diluncurkan Google.

Google Play Pass menyajikan paket harga bulanan untuk pengguna. Pengguna memiliki akses ke ratusan game serta aplikasi premium, tanpa iklan dan pembelian dalam aplikasi.

Dari penjelasan singkat di atas, kalian mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan. Baik itu pengertian Play Pass secara gamblang, maupun cara menggunakannya.

Sumber Gambar : Digital Information World

Pengertian Google Play Pass

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Play Pass adalah layanan bulanan. Layanan ini menawarkan akses ke ratusan aplikasi dan game.

Mungkin di Play Store kalian akan menemukan iklan dan pembelian dalam aplikasi. Namun hal tersebut tidak berlaku pada Play Pass.

Kalian bisa menikmati akses game dan aplikasi, bebas iklan mau pun pembelian tambahan. Layanan ini juga menyediakan konten terbaru berkualitas yang ditambahkan secara real-time.

Google mengadakan promo berlangganan seharga $1,99 atau sekitar Rp 29.000. Promo ini berlaku hingga tanggal 10 Oktober 2019, dan mulai berlaku setelah uji coba gratis 10 hari.

Harga di atas berlaku selama 12 bulan pertama kalian menggunakan Play Pass. Setelah itu, biaya langganan akan meningkat menjadi $4,99 atau sekitar Rp 71.000.

Cara Menggunakan Play Pass

Play Pass memungkinkan kalian mengunduh berbagai game dan aplikasi. Setiap pengunduhan dibanderol dengan harga $0,99 – $9,99 atau sekitar Rp 14.000 – Rp 142.000, per unduhan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan Play Pass. Berikut syarat-syarat menggunakan Play Pass:

  • Menggunakan perangkat Android minimal versi 4.4 ke atas.
  • Memiliki aplikasi Google Play Store versi 16.6.25 ke atas.
  • Berlokasi di AS.
  • Memiliki metode pembayaran yang valid.
  • Memiliki negara penagihan yang sama, negara Google Play.

Setelah memenuhi syarat di atas, kini kalian bisa menggunakan Play Pass. Berikut cara menggunakan layanan Play Pass:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Ketuk Menu yang ada di sebelah kiri Play Store.
  • Tap menu ‘Play Pass > Mulai percobaan gratis atau Berlangganan.’
  • Periksa harga dan metode pembayaran yang ingin kalian gunakan.
  • Tap tombol ‘Berlangganan.’

Perlu diperhatikan, uji coba gratis hanya berlaku untuk pengguna baru Play Pass. Kalian hanya akan ditagih pada akhir periode uji coba. Jika tidak ingin ditagih, batalkan langganan sebelum masa uji coba berakhir.

Sementara itu, untuk saat ini Play Pass hanya tersedia di AS. Namun Google memaparkan bahwa, mereka akan membawa Play Pass ke negara lain di seluruh dunia.

More Stories
review moto z2 play
Review Moto Z2 Play: Handphone Flagship Yang Disederhanakan