Instagram Beri Peringatan Bagi Akun Yang Akan Dicekal

Salah satu sisi buruk media sosial berasal dari pengguna itu sendiri. Instagram berusaha mencegah hal itu. Mereka akan mencekal dan menghapus akun-akun nakal. Namun sebelumnya, akun yang akan dicekal itu akan mendapat peringatan dari Instagram.

Media sosial yang awalnya dibuat sebagai ajang pertemanan, kini sering menjadi ajang perdebatan kasar, bahkan bullying (intimidasi). Terutama di kolom komentar. Tidak jarang pula beberapa pihak tertentu menunggangi media sosial untuk menyebar berita bohong dan kebencian. Termasuk memakai akun palsu.

Instagram, bersama Facebook, berusaha menjaga agar suasana timeline tetap nyaman bagi semua orang. Salah satunya dengan mendeteksi konten terlarang dan akun yang melanggar konten terlarang sampai persentase tertentu. Selain itu, mereka juga akan menghapus konten terlarang dan akun yang melanggar jumlah konten terlarang dalam waktu tertentu.

Bersama dengan peraturan dan sistem keamanan baru ini, Instagram juga membuat sistem notifikasi baru. Akun yang beresiko dicekal dan dihapus akan menerima pemberitahuan terlebih dulu.

peringatan Instagram untuk akun yang akan dihapus
Peringatan Instagram

Dengan adanya pemberitahuan ini, Instagram berharap kalau pengguna bisa mengerti kalau akun mereka beresiko dihapus. Peringatan ini sekaligus memberi kesempatan pengguna untuk mengajukan banding atas konten yang dihapus.

Konten yang terlarang di Instagram di antaranya adalah konten yang mengandung gambar telanjang dan pornografi, intimidasi dan pelecehan, kebencian, penjualan obat terlarang, dan terorisme.

Pengajuan permintaan banding atau pemulihan konten bisa dilakukan untuk pelanggaran di atas. Nantinya Instagram akan mengembangkan cakupan permintaan itu.

Instagram menyatakan kalau konten yang dihapus memang merupakan kesalahan, mereka akan memulihkan konten tersebut dan menghapus catatan pelanggaran dari akun yang bersangkutan.

Sedangkan untuk permintaan pemulihan untuk akun yang dihapus bisa dilakukan melalui Pusat Bantuan. Di sana tersedia panduan dan prosedur bagaimana memulihkan akun. Nantinya Instagram akan membuat fitur untuk ini langsung di aplikasi.

Jadi berhati-hatilah. Mungkin kalian tidak berniat melanggar konten. Namun jangan pula mudah terpancing. Membalas dengan mengunggah konten jahat atau memberi komentar kasar. Bisa-bisa akun kalian dianggap melanggar.

More Stories
line group video call
Menggunakan Group Video Call di LINE