Instagram Coba Fitur Video Seperti TikTok di Brazil

Instagram meluncurkan fitur remix video yang mirip TikTok di Brazil. Hm, kira-kira akan seperti apa jadinya? Simak informasinya di artikel berikut ini.

Kepopuleran TikTok tidak perlu diragukan lagi. Fitur remix video dan musik yang dihadirkan TikTok membuat pengguna bebas berkreasi.

Mungkin inilah yang membuat beberapa aplikasi coba meniru TikTok. Salah satu aplikasi yang coba meniru TikTok adalah Instagram.

Beberapa waktu lalu, Instagram merilis fitur video yang mirip dengan TikTok. Fitur video tersebut baru dirilis ke satu negara, yakni Brazil.

Sumber Gambar : Tech Crunch

Seperti Apa Fitur Video di Instagram?

Fitur video ini sebenarnya bernama Reels. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram membuat video sepanjang 15 detik sambil memutar musik.

Nah setelah video jadi, pengguna bisa langsung membaginya ke Stories. Menariknya, Stories itu berpeluang viral di bagian Tops Reels dan Explore.

Layaknya TikTok, pengguna dapat melacak Reel mereka berdasarkan katalog musik. Pengguna juga bisa mengambil audio dari video orang lain, lalu menambahkan audio ke video buatan mereka.

Sumber Gambar : Tech Genyz

Cara Kerja Instagram Reels

Fitur ini dapat merekam dengan tenang. Selain itu, Reels bisa meminjam audio orang lain. Audio orang lain bisa ditemukan dari pencarian hashtag, Explore atau mencari lagu yang sedang ngetren.

Pengguna akan menemukan fitur ini di dalam Instagram Stories. Reels terletak di sebelah Boomerang dan Super-Zoom.

Untuk menggunakannya, pengguna harus memilih lagu terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa mulai merekam atau mengunggah beberapa video clip untuk mengisi Reel mereka.

Agar lebih menarik, pengguna bisa mengedit video tersebut. Ada beberapa tools edit yang bisa digunakan yakni timer, kata-kata yang muncul di adegan tertentu, serta efek transisi.

Setelah puas mengedit video, pengguna bisa mengunggah video tersebut. Video bisa diunggah ke Insta Stories atau dibagikan langsung ke teman melalui Direct Message.

Jika ingin viral, pengguna bisa membagikan video ke publik. Apabila video memenuhi syarat, tidak menutup kemungkinan video tersebut akan tampil di Top Reels dan Explore.

Menariknya, pengguna bisa menambahkan Reel mereka ke Highlights / Sorotan. Jika Reel ditampilkan di Sorotan, video tetap bisa tampil di Explore bahkan setelah 24 jam berlalu.

Walau terlihat mirip TikTok, Reels belum memiliki fitur selengkap TikTok. Tapi Instagram memaparkan bahwa kedepan fitur Reels akan dilengkapi kembali.