Instagram Membuat Batasan Umur untuk Semua Pengguna Baru

Instagram membuat batasan umur untuk calon pengguna. Seperti apa batasan umur tersebut? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Pengguna media sosial saat ini tidak hanya orang dewasa dan remaja. Bahkan tidak sedikit pengguna media sosial berasal dari kalangan anak di bawah umur.

Penggunaan media sosial oleh anak di bawah umur tentu sangat berbahaya. Apalagi anak-anak belum mengetahui bahaya di balik media sosial.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Instagram telah membuat batasan umur pengguna. Lalu seperti apa pembaruan yang dibuat Instagram tersebut? Simak dalam uraian di bawah ini.

Sumber Gambar : Instagram Press

Batasan Umur Pengguna Instagram

Instagram telah meluncurkan pembaruan baru. Kali ini, pembaruan fokus terhadap batasan usia untuk calon pengguna. Batasan usia diluncurkan pada tanggal 4 Desember 2019.

Sesuai namanya, pembaruan ini berfungsi untuk membatasi usia pengguna. Tapi kenapa Instagram perlu menerbitkan pembaruan semacam ini?

Itu karena saat ini pengguna Instagram tidak hanya orang dewasa, namun ada pula anak di bawah umur. Sedangkan anak di bawah umur sangat rentan menjadi korban tindak kejahatan di media sosial.

Sementara itu, pembaruan ini akan membantu pengguna mendapat konten sesuai umur. Jadi pengguna remaja, mungkin tidak akan menemukan konten berbau dewasa, dan lain sebagainya.

Instagram sendiri telah mematok usia minimal untuk pengguna. Calon pendaftar harus berusia minimal 13 tahun untuk bisa menjadi pengguna Instagram.

Cara Kerja Batasan Usia di Instagram

Sekarang ketika membuat akun, Instagram akan menanyai tanggal lahir calon pengguna. Jika usia kurang dari 13 tahun, maka orang tersebut belum boleh mempunyai akun Instagram.

Di sisi lain, calon pengguna juga bisa menghubungkan akun Facebook ke Instagram. Tanggal lahir yang ada di profil Facebook otomatis akan masuk ke Instagram.

Selain itu, saat tanggal lahir di Facebook diubah, tanggal di Instagram juga akan berubah. Lalu jika tidak punya akun Facebook, kalian bisa mengedit tanggal lahir secara langsung di Instagram.

Tanggal lahir tidak bersifat publik. Jadi pengguna lain tidak akan bisa melihatnya. Hanya kalian yang bisa melihat tanggal lahir di informasi akun Instagram.

Kamu bisa membaca aturan Instagram lain, di artikel yang membahas batasan Instagram.

%d blogger menyukai ini: