Gak Pakai Lama! TikTok Ditolak di India, Instagram Reel Siap Sedia

instagram reel

Setelah aplikasi TikTok dilarang di India, Instagram bergerak cepat. Menyusul uji coba di Brazil, fitur Reel di aplikasi Instagram pun diuji coba di India.

Kalau kamu mengikuti berita teknologi terkini, India sedang melarang sekitar 59 aplikasi buatan Cina. Di antara aplikasi yang dilarang itu ada TikTok, Mobile Legends, UC Browser, WeChat, Clash of Kings, ShareIt, Bigo Live, Hago Play, dll.

Bahkan bea cukai di India pun menahan masuknya barang impor dari Cina. Ada lebih dari 150 kontainer yang ditahan untuk diperiksa. Di dalam kontainer itu terdapat produk smartphone seperti iPhone dan Xiaomi.

Absennya TikTok di ajang media sosial India tentu memancing sang kompetitor bergerak. Business Insider menyebutkan kalau Instagram Reel sedang diuji coba di India. Beberapa pengguna sudah mendapat update aplikasi yang memiliki fitur Reel di dalamnya.

Instagram Reel merupakan fitur dari Stories. Dengan Reel, pengguna bisa membuat video pendek berdurasi 15 detik yang dilengkapi musik dan klip audio. Kemudian video pendek itu bisa ditambahkan ke dalam Stories, ke feed, dikirim ke teman, atau masuk ke tab tersendiri di profil.

tampilan Instagram Reel

Walau kurang jelas, perwakilan dari Facebook sudah memberi pernyataan. “Kami berencana mulai menguji versi terbaru Reel di beberapa negara. Reel adalah cara yang kreatif dan menyenangkan baik untuk mengekspresikan atau menghibur diri. Kami bersemangat membawa fitur ini ke komunitas global. Untuk saat ini belum ada rencana soal tanggal rilis atau negara”.

Selain uji coba di Brazil, fitur Reel sudah terlebih dulu diluncurkan di Perancis dan Jerman. Di sisi lain, aplikasi buatan Facebook bernama Lasso yang juga mirip seperti TikTok ditutup. Langkah ini kelihatannya diambil untuk fokus pada Reel.

Saat ini, TikTok memang sedang populer. Dilarangnya aplikasi TikTok di India tentu menjadi pukulan berat. Instagram sendiri merupakan sesosok raksasa. Setelah berhasil menahan laju Snapchat, mampukan ia menahan laju TikTok?

%d blogger menyukai ini: