Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Intip Bagaimana Windows 11 Berfungsi di Smartphone & Buat Main Game!

Anom Penulis

Windows 11 Insider Preview belum lama meluncur. Namun dalam waktu relatif cepat, sudah ada yang mencoba Windows 11 itu di smartphone, yaitu di Lumia 950 XL dan di OnePlus 6 juga 6T.

Memang, memasang sistem operasi di perangkat yang bukan seharusnya sering menjadi ajang uji coba unik. Windows 11 sendiri merupakan sistem operasi terbaru Microsoft, dan ada beberapa hal menarik di sana, seperti kehadiran aplikasi Android.

Di Lumia 950 XL

Gustave Monce lah yang menunjukkan bagaimana Windows 11 berjalan di smartphone jadul ini melalui kanal YouTube. Sebelumnya, ia juga pernah memasang Windows 10X di Lumia 950 XL miliknya itu.

Gustave Monce beserta teman-temannya memang sudah mengerjakan proyek sejenis selama beberapa tahun terakhir. Mereka kini pun sudah mempublikasikan proyek itu di situs Lumia WOA Project (WOA = Windows on Arm).

Di OnePlus 6T

Bukan hanya di ponsel Windows Phone saja proyek seperti ini berjalan. Beberapa pengembang yang berada di balik Proyek Renegade, sukses memasang Windows 11 di ponsel OnePlus 6 dan OnePlus 6T.

Pada video yang diunggah oleh edi194, ponsel Oneplus 6T yang sudah memakai Windows 10 on ARM kemudian dipasang ulang dengan Windows 11 on ARM preview. Walau secara umum bisa berjalan, ada beberapa fitur yang tidak berfungsi, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan speaker.

Yang tidak kalau menarik, tim ini juga mencoba beberapa game PC. Di antara game itu ada GTA 4, Far Cry, Minecraft, Need for Speed: Most WantedSimCity 5, dll. Salah satu contoh yang diunggah di YouTube adalah game Mafia 2 di OnePlus 6T (mereka berhasil mengaktifkan Bluetooth).

Yah, karena sistem operasi ini belum tidak secara spesifik ditujukan untuk ponsel, jelas dari sisi tampilan terlalu kecil. Tapi cukup menarik kan melihat bagaimana smartphone masa kini bisa menjalankan Windows 11?