Ini Tampilan Windows 10X di Smartphone Lumia 950XL (Update: Video)

Microsoft sedang mengembangkan versi Windows dalam bentuk yang ringkas dan disebut Windows 10X. Setelah kita mengintip sedikit penampilan Windows 10X itu, kini kita juga berkesempatan melihatnya di smartphone Lumia 950XL.

Windows 10X memang dikembangkan sebagai sistem operasi yang sangat ringkas dan lebih bersandar pada aktivitas online. Tidak sedikit yang membandingkannya dengan Chrome OS dari Google.

Namun salah satu karakteristik lain yang dimiliki sistem operasi itu adalah bisa menyesuaikan berbagai perangkat. Ya, karena awalnya memang dikembangkan untuk tablet layar ganda, Surface Neo.

Seseorang yang bernama Gustave Monce mengklaim kalau ia berhasil memasang Windows 10X pra-rilis di smartphone Lumia 950XL. Ingat ponsel ini? Benar, ponsel ini adalah Windows Phone yang sejatinya memakai Windows 10 Mobile.

Gustave Monce mempublikasikan screenshot Windows 10X di Lumia 950XL itu di Twitter. Total ada 4 gambar yang ia unggah. Dua di antaranya menampilkan Action Center beserta notifikasi, sedangkan yang lain adalah tampilan halaman Setelan dan multitasking.

Ia menyebutkan kalau Windows 10X berfungsi baik di layar kecil. Seperti yang pernah muncul di video sebelum ini, kita tahu kalau sistem operasi ini memang mendukung gestur untuk layar sentuh dengan baik.

Walau aplikasi dan komponen lain bisa menyesuaikan ukuran layar dengan baik, bisa kita lihat kalau dari sisi pemakaian, tata letaknya masih belum optimal. Yah, bentuknya masih berdasar layar besar, dengan ikon sinyal, baterai, dll di bagian bawah (Taskbar). Lalu tidak tahu juga bagaimana susunan ikon di Taskbar kalau kita membuka banyak aplikasi.

Tentu saja, yang dilakukan oleh Gustav ini masih sekedar coba-coba. Microsoft sendiri belum memberikan indikasi kalau sistem operasi Windows 10X akan dipakai di smartphone (dengan kata lain mereka kembali menyasar wilayah itu).

Toh Windows 10X disebut akan rilis pada tahun 2021 ini. Jadi kita bisa melihat wujud nyatanya tidak lama lagi. Yah, kemungkinan besar masih di laptop atau tablet seperti Chrome OS. Tapi menarik kan melihat kemungkinan seperti ini?

UPDATE – Video

Gustave Monce sudah mengunggah video WIndows 10X di Lumia 950XL tersebut.

%d blogger menyukai ini: