Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Intip Beberapa Fitur Baru dari Android 11 Developer Preview

Google Pixel 2 android 11 developer preview
Anom Penulis

Android 11 Developer Preview sudah tersedia. Tentunya versi sistem operasi Android yang akan datang ini memiliki beberapa fitur baru. Ya, walau masih mungkin berubah, tidak ada salahnya kita mengintip sedikit fitur baru tersebut.

Seperti biasa, sebelum dirilis secara resmi, Google menyediakan sistem operasi Android dalam versi preview. Tujuannya tentu saja agar para pengembang aplikasi bisa mengadaptasi sistem operasi baru ini dengan lebih baik. Selain itu, Google juga bisa mengukur kinerja fitur yang mereka sediakan.

popculture.id

Kalau kamu mengunjungi halaman resmi Android 11, kamu akan menemui banyak istilah teknis. Ijinkan kami sedikit membantu memberi gambaran. Walau, yah… karena fiturnya banyak, harap maklum kalau ada yang terlewat atau ada sedikit kesalahan.

Beberapa Fitur Yang Terlihat di Android 11 Developer Preview

Jadwal Mode Gelap

Aslinya, Android cukup lambat dalam menambahkan mode gelap secara menyeluruh. Termasuk fitur baru ini. Nantinya kamu akan bisa menetapkan jadwal kapan tampilan smartphone-mu berubah ke mode gelap secara otomatis. Setelan ini terlihat sama dengan setelan fitur Night Light (blue filter), yaitu: Saat matahari tenggelam sampai terbit atau pada jam yang kamu tentukan.

Bubble Notification

Fitur bubble diperkenalkan pada Android 10. Di versi mendatang, fitur ini akan aktif secara bawaan. Kamu bisa menekan dan memilih “bubble” untuk memakainya. Tentu, aplikasi yang bersangkutan juga harus mendukung fitur ini supaya bisa dipakai. Kalau semua sesuai, kamu tidak lagi harus mengaktifkannya melalui fitur Developer Option yang tersembunyi.

Mode “Conversation” di Notifikasi

Mode ini memberi ruang lebih pada notifikasi yang muncul ketika kamu menariknya ke bawah. Akan ada ruang untuk pilihan cepat atau tindakan lain (seperti membalas pesan). Ya, memang saat ini kita sudah bisa memilih tindakan di notifikasi. Namun kelihatannya di versi mendatang akan lebih banyak pilihan (tergantung aplikasinya).

Merekam Layar

Salah satu fitur yang sejak dulu dinanti, tapi tak kunjung tiba. Setelah sempat dicoba di Android 10, kini fitur Screen Recording kembali lagi. Tepatnya ada di panel Quick Action. Untuk kamu yang sudah memiliki fitur ini melalui skin Android di merk tertentu, mungkin sudah bukan kejutan lagi. Apalagi saat ini fitur Merekam Layar belum bisa mengikut sertakan audio (apalagi audio internal seperti di ROG Phone).

Screenshot dengan bentuk panjang

Salah satu fitur lain yang muncul di Android 11 Developer Preview adalah screenshot dengan bentuk panjang alias scroll. Artinya, nanti kamu bisa menangkap tampilan layar, dan menyesuaikan panjang tangkapan layar tersebut. Saat ini, fitur tersebut belum berfungsi. Namun pilihannya sudah ada.

Menyematkan Aplikasi di Share Menu

Saat kamu mau mengirim sesuatu ke aplikasi lain, akan muncul Share Menu yang menampilkan pilihan. Biasanya, tampilan ini menunjukkan aplikasi yang sering di pakai atau yang terakhir di pakai di paling atas. Namun sering kali kurang konsisten. Nantinya kamu bisa menyematkan aplikasi pilihanmu di menu tersebut. Hm, sangat memudahkan.

Riwayat Notifikasi

Riwayat Notifikasi tidak pernah digarap secara serius. Jadi kalau kamu tidak sengaja “melempar” notifikasi, kamu akan cukup sulit menemukannya lagi. Yah, kecuali kalau skin Android dari merek ponselmu mendukung fitur ini. Untuk pengguna Android murni, sebelumnya lebih mudah memakai aplikasi lain. Tapi di Android 11 kelihatannya fitur ini sudah hadir dengan lebih baik dan memiliki tampilan lebih jelas.

————

Itulah beberapa fitur baru yang paling praktis yang nampak dari Android 11 Developer Preview. Sebenarnya masih banyak lagi fitur baru. Namun beberapa di antara hanya menawarkan tampilan baru, atau sesuatu yang cukup bersifat teknis. Yah, nanti kalau ada fitur menarik lain, akan kami tambahkan.

    %d blogger menyukai ini: