Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPad Baru (2022) Rilis, Ada Inovasi Baru Apa Cuma Gitu-gitu Aja?

gambar ipad baru dengan variasi warnanya
Gambar: Apple
Anom Penulis

Pada tanggal 18 Oktober 2022, Apple mengumumkan iPad baru. iPad ini hadir dengan berbagai pilihan warna ceria dan beberapa kejutan menarik. Untuk pertama kalinya, kamera depannya ada di samping.

iPad generasi ke-10 ini memiliki layar yang lebih besar dari generasi ke-9. Kalau iPad generasi 9 punya layar 10,2 inci, generasi 10 punya layar 10,9 inci. Lalu, layarnya pun kini berupa Liquid Retina Display.

Untuk otaknya, Apple memberikan iPad ini chipset A14 Bionic. Chipset ini sama-sama punya CPU 6-core seperti pendahulunya A13 Bionic. Yaitu punya 2-core performa tinggi, dan 4-core kinerja efisien.

Tapi Neural Engine di dalamnya ada 16-core. Dua kali lipat daripada iPad generasi ke-9. Apple mengatakan kalau kemampuan machine learning yang dimilikinya 80% lebih dahsyat.

Pilihan Warna Seru

Nah, kerennya, iPad baru ini tampil dengan berbagai pilihan warna ceria. Ada biru, merah muda, kuning, dan perak (silver). Warna-warna ini membuat tablet populer ini lebih hidup..

Apalagi kalau kita bandingkan dengan iPad sebelumnya, yang cuma punya dua pilihan warna. Hanya space grey dan silver.

Perubahan di iPad Baru

Toh selain soal warna, Apple memberikan beberapa perubahan menarik pada iPad terbarunya ini. Perubahan yang boleh kita bilang tidak biasa.

Pertama, Apple mengganti colokan Lightning yang menjadi kekhasan perangkatnya menjadi memakai USB-C. Entah apakah memang sudah berniat seperti itu, atau karena kebijakan Parlemen Eropa.

Kemudian, Apple juga menghilangkan colokan audio 3,5mm. Yah, mungkin untuk yang satu ini kita sudah tidak heran lagi. iPhone sekarang pun sudah tidak punya colokan audio.

Langkah Apple yang tidak kalah menarik lain adalah menghapus tombol Home. Mungkin ini juga tidak mengejutkan. Karena layar bisa hadir lebih besar.

Baca Juga:  Apple Tahan Update Aplikasi Telegram dan Suruh Hapus Telemoji!

Lalu di mana letak sensor sidik jari Touch ID? Apple memindahnya ke tombol Power di bagian atas iPad. Letaknya memang lebih naturak untuk posisi jari daripada di tombol Home.

Nah, yang paling menarik mungkin posisi kamera depan. Di iPad baru ini, kamera depan ada di sisi samping layar, bukan di atas. Jadi posisinya lebih sesuai untuk pemakaian dalam posisi seperti laptop.

Gambar iPad baru untuk main game
Gambar: Apple

Pemindahan kamera depan ini memang lebih cocok dengan layar yang lebih besar. Terutama jika si pengguna memakainya sebagai ganti laptop. Tentunya juga pas untuk merekam layar saat main game.

Bicara soal kamera depan, kualitasnya masih sama dengan iPad generasi 9. Yaitu kamera FaceTime 12MP. Tapi kamera belakangnya mendapat peningkatan. Dari sebelumnya 8MP wide, kini menjadi 12MP wide.

Dukungan Aksesori Baru

Di samping peningkatan pada kamera belakang, Apple juga memberikan dukungan aksesori yang lebih bagus. iPad baru ini mendukung pemakaian dengan Magic Keyboard Folio.

Apple merancang khusus keyboard ini. Untuk pertama kalinya, iPad standar bisa menggunakan trackpad berukuran lebih besar.

gambar ipad baru 2022 dengan Magic Keyboard Folio
Gambar: Apple

Magic Keyboard Folio akan menempel di bodi iPad secara magnetis melalui Smart Connector. Nah, dengan konektor ini, keyboard secara otomatis terisi dayanya. Sehingga pengguna tidak perlu mengisinya secara terpisah.

iPad generasi ke-10 ini pun mendukung penggunaan Apple Pencil generasi pertama. Kalau yang ini, masih sama seperti sebelumnya.

Tentu saja, iPad ini datang dengan sistem operasi iPadOS 16. Sistem operasi ini memiliki beberapa fitur baru Salah satunya adalah kehadiran aplikasi Freeform yang berupa kanvas fleksibel. Cocok untuk Apple Pencil.

Sama seperti generasi sebelumnya, iPad baru ini hadir dalam dua tipe, yaitu WiFi dan WiFi + Seluler. Masing-masing memiliki pilihan RAM dan penyimpanan 64GB dan 256GB.

Baca Juga:  Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra & iPhone 13 Pro Max

Apple membanderol harga iPad WiFi mulai dari $449 (di Amerika) dan iPad WiFi + seluler mulai dari $599 (di Amerika).

Nah, bagaimana? Berminat untuk membelinya? Lalu, kalau melihat pilihan di atas, warna apa yang jadi favoritmu?