iPhone dengan USB-C Mungkin Akan Benar-benar Ada

Pernah kah kalian membayangkan iPhone dengan kabel pengisi daya USB-C? Tenang. Beberapa tahun lagi kalian mungkin benar-benar akan melihatnya kok.

Sudah bukan hal mengagetkan kalau iPhone punya kabel charger yang berbeda dengan ponsel lain. Hal ini membuat pemilik iPhone tidak bisa meminjam charger ponsel lain bila keadaan darurat.

Namun ada kabar gembira untuk pecinta iPhone. Sebab beberapa tahun lagi, mungkin kalian akan melihat iPhone menggunakan kabel charger yang sama dengan ponsel Android.

Wah, kira-kira akan jadi seperti apa iPhone bila menggunakan kabel USB-C? Mari simak ulasan lebih lengkapnya.

Sumber Gambar : Engadget

Benarkah iPhone Bakal Menggunakan USB-C?

European Parliament (EP) telah melakukan kongres mereka. Hasil dari kongres ini salah satunya adalah mengharuskan perusahaan smartphone untuk menggunakan teknologi pengisian daya yang sama.

Selama ini kita tahu kalau iPhone menggunakan Lightning untuk mengisi daya. Sedangkan ponsel lainnya masih ada yang menggunakan micro-USB lama.

Namun setelah dikeluarkan peraturan baru, sepertinya semua perangkat terpaksa harus beralih ke USB-C. Di sisi lain, Lightning adalah teknologi milik Apple. Jadi tidak mungkin ponsel Android bisa menggunakannya.

Lalu Apa Dampaknya untuk Apple?

Keputusan ini tidak akan berdampak pada ponsel Apple yang dirilis tahun ini. Misalnya untuk ponsel iPhone 12 yang akan rilis tahun ini.

Sebab EP atau European Commission sepertinya tidak punya cukup waktu untuk menerbitkan undang-undang baru tahun ini. Padahal Apple dikabarkan akan meluncurkan ponsel baru di tahun 2020.

Namun di masa depan, sepertinya iPhone benar-benar akan datang dengan USB-C. Mengingat bagaimana MacBooks dan iPad Pro sudah menggunakan standar ini.

Jadi apa yang akan terjadi untuk iPhone 13 dan seterusnya? Yah, mungkin Apple bisa membuat dua produk yang berbeda.

Satu produk tetap menggunakan Lightning Ports (untuk pasar global). Lalu produk satunya lagi menggunakan USB-C (khusus pasar Eropa).

Di sisi lain Apple kemungkinan akan benar-benar beralih menggunakan USB-C. Itu artinya, perusahaan akan meninggalkan Lightning Ports.

%d blogger menyukai ini: