Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

iPhone SE (2020) Ternyata “Cuma” iPhone 8 Diperbarui

Anom Penulis

iPhone SE 2020 memiliki bentuk yang sama dengan iPhone 8. Pertanyaannya, seberapa jauh kemiripan itu? Ternyata cukup banyak. Bahkan kamu bisa mengganti beberapa komponen di dalamnya dengan komponen dari iPhone 8.

iPhone SE 2020 merupakan smartphone ekonomis, dan Apple biasanya “meminjam” beberapa bagian dari ponsel lama untuk jadi bahan di ponsel baru ekonomis ini. Seperti iPhone SE 2016 yang seperti iPhone 5.

popculture.id

Keunggulan iPhone SE 2020 tentu berada di chipset-nya yang sama dengan jajaran iPhone 11 yang lebih mutakhir. Yaitu chipset A13 Bionic. Hal ini membuat ponsel “murah” dari Apple ini sangat menggiurkan. Karena dari segi chipset, ia mampu bersaing dengan ponsel Android paling mutakhir.

Kemiripan iPhone SE 2020 dengan iPhone 8

Kembali ke masalah komponen, berbagai video perombakan menunjukkan kalau beberapa komponen iPhone SE generasi kedua ini sama dengan iPhone 8. Kamu bisa melihatnya baik dari video iFixit atau dari YouTuber lain.

Seberapa banyak komponen yang bisa ditukar-pasang? Komponen itu meliputi modul kamera (bentuk sama tapi spesifikasi beda), slot SIM, Taptic Engine, unit display (termasuk mikrofon dan sensor proximity), dan juga rangka. Konstruksi bagian dalamnya pun sangat mirip.

perbandingan komponen iphone se 2020 dan iphone-8
iPhone 8 (kiri) dan iPhone SE 2020 (kanan). foto: iFixit

Jadi apa yang berbeda? Beberapa komponen sudah mendapat pembaruan ke era iPhone 11. Selain chipset A13 Bionic, yang mendapat pembaruan itu adalah konektor baterai. Konektor baterai ini mirip dengan milik iPhone 11. iPhone SE 2020 disebut bisa terhubung dengan baterai iPhone 11, namun tidak berfungsi kalau dipasang.

Kemudian, tombol Home dan Touch ID juga tidak bisa diganti, kecuali dengan komponen asli. Lalu, walau layar bisa diganti, kemungkinan besar kamu akan kehilangan fungsi True Tone. Kecuali kalau ada screen programmer yang bisa menguliknya (atau ganti di Apple).

Yah, kamu bisa melihat fakta ini sebagai sesuatu yang baik atau buruk. Tapi mari kita lihat sisi baiknya saja. Dengan banyaknya komponen yang bisa ditukar-pasang dengan iPhone 8, artinya biaya reparasi atau ganti spare part bisa lebih murah.

Kamu juga bisa membaca artikel beberapa fakta soal iPhone SE 2020 dan perbandingan spesifikasi dengan iPhone 8.

    %d blogger menyukai ini: