Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Alasan Anggota Avengers Paling Berjasa Adalah Iron Man

proof that tony stark has a heart

film iron man
Anom Penulis

Anggota Avengers ada banyak dan berubah seiring perkembangan MCU (Marvel Cinematic Universe). Apalagi seiring peristiwa Captain America: Civil War. Dari sekian superhero yang hadir, Iron Man mungkin merupakan tokoh yang paling heroik.

Tentu saja, karakter Tony Stark alias Iron Man ini kontroversial. Dosa Iron Man tidak sedikit. Tapi toh aksi heroiknya juga boleh diperhitungkan. Hm, paling tidak kalau dibandingkan Captain America yang susah move on dari Winter Soldier.

Boleh jadi ini pendapat pribadi. Yah, silakan kalian nilai sendiri.

1. Membantu Membentuk Avengers

Jenderal Ross dan Tony Stark
Jenderal Ross dan Tony Stark

Di adegan akhir film The Incredible Hulk, Tony Stark menemui Jenderal Ross di sebuah bar. Ia mengatakan bahwa sebuah tim (Avengers) sedang dibentuk. Hal ini kemudian mendapat konfirmasi di film The Avengers. Nick Fury menyebutkan “There was an idea, Stark knows this, called The Avengers Initiative.” Jadi, Tony Stark ikut andil bagian dalam menyusun Avengers.

2. Fasilitas Avengers Berasal dari Tony Stark

markas avengers
Markas Avengers

Oke, memang di balik Avengers ada organisasi SHIELD. Tapi tidak sedikit fasilitas Avengers berasal dari Tony Stark. Yah, paling tidak markas dan berbagai risetnya. Maklum, anggota Avengers paling kaya. Kondisi itu baru berubah ketika Wakanda (Shuri) masuk dalam gelanggang.

3. Tidak Bergantung Pada Avengers

house party protocol
Meme Iron Man 3

Hal ini dibuktikan pada film Iron Man 3. Ketika itu Aldrich Killian membangun pasukan dengan bioteknologi (yang gagal) dan berencana membunuh presiden Amerika. Walau kondisinya kurang menguntungkan, alih-alih minta bantuan SHIELD dan rekan Avengers lain, Tony menggunakan pasukan Iron Legion (House Party Protocol).

Yah, mungkin ini bukan jasa secara langsung. Tapi toh ia tidak membebani angota Avengers lain. Kejadian ini pun sempat jadi meme di internet.

Baca Juga:  "CODA" Jadi Film Terbaik Oscar Tandai Kemenangan Layanan Streaming

4. Siap Dengan Segala Kemungkinan

hulkbuster vs hulk
Hulkbuster vs Hulk

Tony Stark selalu berusaha siap untuk segala situasi. Ia membuat Hulkbuster untuk berjaga-jaga kalau Hulk tidak bisa dikontrol. Hal ini menjadi kenyataan di film Avengers: Age of Ultron. Kemudian, ia juga sudah menyiapkan kostum Spider-Man canggih yang terbukti berguna di Avengers: Infinity War.

4. Berani Ambil Resiko

iron man nuclear
Iron Man membawa bom nuklir

Di film The Avengers, kita bisa melihat Iron Man bertarung dengan banyak Chitauri di langit. Memang Thor dan Hawkeye membantu, tapi mereka juga sering turun ke bawah untuk membantu Captain America dan Black Widow. Lalu, di akhir film, Iron Man berkorban membawa bom nuklir ke command center Chitauri.

Di film Avengers: Age of Ultron, Tony Stark juga langsung bertindak ketika Hulk menjadi liar. Begitu pun di film Avengers: Infinity War, ketika ia memutuskan bertempur di Titan agar tidak banyak korban di Bumi (padahal ia tidak mendapat dukungan dari Friday dan kelengkapan tempur lainnya). Selain Dr. Strange dan Thor, ia merupakan anggota Avengers yang berhasil bertarung cukup dahsyat melawan Thanos.

6. Andil Menyelamatkan Setengah Warga Bumi

Thanos dan Iron Man
Thanos dan Iron Man

Iron Man berhasil mendapat pengakuan dari Thanos atas perlawanan sengitnya. Hasil dari pertarungan itu, setengah warga bumi akan tetap hidup (setengah dari alam semesta belum tentu mengikut sertakan setengah warga bumi).

7. Endgame


‘Nuff said.

***

Itulah beberapa alasan kenapa Iron Man merupakan anggota Avengers paling berjasa dan paling heroik. Saya sendiri sebenarnya bukan fans Iron Man. Di komik, saya lebih suka mengikuti Spider-Man dan Wolverine.

1/5/2019: Tambah nomor 7.