Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

7 Istilah Fitur Adobe Lightroom yang Harus Diketahui Pemula

Indri Penulis

Kamu pengguna baru Adobe Lightroom? Kalau iya, berarti kamu perlu tahu beberapa istilah fitur Adobe Lightroom buat pemula berikut ini.

Adobe Lightroom adalah aplikasi editing foto sejuta umat. Aplikasi ini adalah solusi praktis buat orang yang ingin mengedit foto dengan cepat.

popculture.id

Kalau kamu adalah pengguna baru Adobe Lightroom, mungkin artikel ini akan membantumu memahami Lightroom lebih dalam. Karena kali ini saya akan menjelaskan beberapa istilah fitur di Adobe Lightroom yang wajib diketahui oleh pemula sepertimu.

Clarity

Clarity adalah salah satu tools pertama yang dipakai oleh editor foto pemula. Apa fungsi Clarity di Adobe Lightroom? Tools ini dapat digunakan untuk mengatur mid-tones, dan meningkatkan tingkat ketajaman tampilan gambar. Fitur ini paling cocok dipakai untuk foto-foto bangunan, untuk memberikan kesan tajam.

Texture

Texture adalah tools untuk membuat area tertentu di foto menjadi lebih bertekstur. Kalau kamu memotret objek seperti selimut, sweater, atau benda bertekstur lainnya, kamu bisa gunakan tools ini untuk meningkatkan tampilan tekstur objek.

Tone Curve

Tools ini seru banget pas diutak-atik. Kamu bisa pakai Tone Curve untuk menambah atau mengurangi cahaya di bagian tertentu dari gambarmu.

Lens Correction

Ketika kamu mengunggah foto ke Lightroom, kamu mungkin bakal melihat ada sedikit masalah pada gambar. Contohnya, gambarmu mungkin terlihat sedikit terdistorsi atau masalah kecil lainnya. Tenang saja, kamu bisa pakai Lens Correction untuk memperbaiki masalah tersebut dengan cara mengoreksi efek lensa agar lebih baik.

Noise Reduction

Suka kesal gara-gara jerawat di wajah terlihat jelas di gambar? Berarti kamu nggak boleh melewatkan Noise Reduction. Tools ini akan memperhalus bagian yang bertekstur kasar.

Exposure

Exposure merupakan tools yang bisa dipakai untuk menambahkan cahaya ke gambar. Cara pakai tools ini sangat mudah. Kamu tinggal menggeser slider ke kanan untuk memperbanyak cahaya, atau menggesernya ke kiri untuk mengurangi pencahayaan dalam gambar.

Dehaze

Dehaze adalah tools yang sangat berguna untuk membuat foto lebih jelas. Saat kamu menggeser slider ke kanan, tools ini akan menghilangkan kabut atau efek asap di gambar. Sebaliknya saat kamu menggeser slider ke kiri, efek kabut di gambar akan terlihat makin jelas (cocok untuk menangkap lanskap berkabut, atau menciptakan efek mendung di pagi yang berkabut).

Nah itu tadi beberapa istilah fitur di Adobe Lightroom yang perlu kamu tahu sebagai pemula. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan mempermudah kamu dalam mempelajari Adobe Lightroom ya.

    %d blogger menyukai ini: