Jangan Asal Jepret, Inilah Tips Memotret OOTD Instagram Biar Keren

Apa kalian suka mengambil foto OOTD untuk diunggah ke Instagram? Jika iya, simaklah tips memotret OOTD untuk Instagram berikut ini.

Mengambil foto OOTD untuk diunggah ke Instagram seolah menjadi tren yang tidak ada habisnya. Apalagi kini banyak orang semakin mudah mengikuti perkembangan fashion.

Pengambilan foto OOTD tidak hanya dilakukan oleh perempuan, namun juga laki-laki. Meski terlihat simpel, tapi sebenarnya ada trik khusus untuk mengambil foto OOTD Instagram lho.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips memotret OOTD untuk Instagram. Biar tidak asal jepret, yuk simak tips di bawah ini.

Sumber Gambar : Pinterest

Tips Memotret Foto OOTD untuk Instagram

Tentukan Tema

Agar foto OOTD bagus, sebaiknya tentukan tema terlebih dulu. Tema bisa disesuaikan dengan outfit yang akan digunakan dan lokasi pengambilan gambar.

Biasanya selebgram mengunggah foto OOTD di gedung-gedung besar. Namun ada pula yang mengambil gambar di pantai, jalan kompleks, atau café.

Gunakan Pakaian yang Nyaman Tapi Stylish

Pakaian bagus biasanya belum tentu nyaman digunakan. Pastikan gunakan pakaian yang nyaman tapi tetapi tetap stylish. Gunakan juga pakaian yang bisa menutup kekurangan di tubuh kalian.

Oya, kalian boleh meniru gaya berpakaian selebgram. Tapi pastikan, gaya pakaian tersebut cocok dengan tubuh kalian ya.

Jangan Lupa Makeup!

Meski foto OOTD diambil dengan jarak agak jauh, tapi jangan lupakan makeup. Sebab makeup dapat menunjang penampilan kalian.

Selain itu, pemakaian makeup membuat wajah kalian di foto tidak pucat. Jangan lupa, sesuaikan makeup dengan tema OOTD kalian.

Bersihkan Lensa

Mungkin kalian tidak sadar dengan kondisi kamera yang kotor. Selain digunakan setiap waktu, gesekan ponsel dengan tas atau saku juga membuat kamera kotor.

Jika kalian menginginkan foto berkualitas, maka mulailah dengan lensa yang bersih. Bersihkan lensa kamera ponsel, baik itu bagian depan atau belakang.

Hindari Menggunakan Zoom

Kenapa? Sebab penggunaan zoom akan membuat resolusi foto rusak. Itu artinya, foto tidak akan tajam dan pixelate.

Lebih baik, dekatkan kamera dengan subjek kalian. Atau, minta orang yang mengambil foto kalian untuk lebih mendekat.

Atur Pencahayaan

Tidak hanya OOTD, menurut saya pengaturan pencahayaan sangat penting untuk memotret apa pun. JIka tidak menemukan pencahayaan bagus, maka carilah tempat lain atau lewati pemotretan.

Kalian tentu tidak ingin foto OOTD menjadi buram bukan? Selain itu, penggunaan flash juga tidak memungkinkan.

Gunakan Pengaturan Default

Tips ini berguna untuk kalian yang mungkin belum paham mengatur kamera. Jadi sebagai alternatifnya, biarkan saja pengaturan kamera agar tetap default.

Pengaturan default akan menghasilkan foto dengan kualitas maksimal dari ponsel kalian. Setelah itu, kalian cukup menggunakan aplikasi edit foto untuk membuatnya bagus.

Foto Full Body

Foto OOTD yang bagus sebaiknya diambil secara full body (seluruh badan). Untuk melakukannya, kalian bisa minta tolong orang untuk memotret.

Saat memotret full body, letakkan kamera di area perut. Setelah itu, miringkan ponsel ke atas. Ini akan membuat tubuh kalian terlihat lebih ramping dan tinggi.

Pasang Pose Terbaik

Untuk foto OOTD, putaran ¾ adalah pilihan yang bagus. Tapi jika kalian bingung, pasang pose yang menurut kalian nyaman saja.

Pose standar untuk gaya OOTD biasanya adalah berdiri. Tapi, kalian juga bisa mencoba gaya duduk atau pose lainnya.

Gunakan Aplikasi Edit Foto

Nah, aplikasi edit foto tidak boleh ketinggalan. Kalian bisa gunakan aplikasi seperti VSCO, Lightroom, Snapsheed, dll untuk mengedit foto.

Supaya feed Instagram terlihat rapi, sebaiknya gunakan satu filter saja. Tapi jika kalian suka bereksperimen, maka tidak ada salahnya menggunakan bermacam-macam filter.