9 Jenis Aplikasi Smartphone Yang Wajib Kamu Miliki

daftar aplikasi android

Kamu pasti memiliki banyak aplikasi di smartphone milikmu, entah Android atau iPhone. Tapi pernahkan kamu berpikir apa saja aplikasi wajib yang harus ada di smartphone? Berikut saran dari kami.

Saat ini memang sudah ada berbagai macam aplikasi tersedia. Mulai dari yang remeh sampai yang paling canggih. Begitu juga untuk yang paling tidak penting, sampai aplikasi paling berguna.

Namun, sebenarnya ada beberapa fungsi dasar yang penting dan harus ada. Karena kalau aplikasi ini tidak ada, kamu bisa kesusahan dalam beraktivitas. Bisa diprotes teman karena tidak bisa mengikuti kondisi, atau bahkan tidak bisa segera menyelesaikan pekerjaan.

Lalu, apa jenis aplikasi smartphone yang wajib dimiliki?

1. Aplikasi Pesan

membuat stiker whatsapp

Sudah jelas kan? Aplikasi pesan membuatmu bisa ngobrol dengan orang lain. Bahkan tidak hanya itu, kamu juga bisa mengirim berbagai berkas dan memberitahu posisimu sedang ada di mana.

Di tiap smartphone sudah pasti ada aplikasi pesan bawaan. Tapi kita tahu kalau ada banyak aplikasi pesan populer lain. Nah, pastikan aplikasi pesan itu kamu miliki.

2. Aplikasi File Manager

Aplikasi file manager akan membantumu mengelola berbagai berkas yang ada di handphone. Baik di memori internal maupun eksternal. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur semua file dan folder yang ada dengan lebih baik.

Biasanya tiap handphone juga sudah memiliki aplikasi file manager bawaan. Tapi ada juga aplikasi seperti ini yang juga powerful. Kalau kamu pengguna Android, salah satu aplikasi pengelola berkas yang boleh kamu coba adalah aplikasi Files dari Google. Pengguna iPhone boleh coba Documents 5.

3. Aplikasi Galeri Foto

galeri aplikasi google photo

Sebenarnya fungsinya mirip dengan file manager, tapi untuk berkas media. Aplikasi galeri foto akan membuatmu bisa melihat berbagai berkas foto dan video di handphone. Tentunya aplikasi ini penting untuk dimiliki.

Lagi-lagi, biasanya tiap smartphone sudah hadir dengan aplikasi galeri foto. Toh kalau kamu mau memilih yang lain boleh saja. Aplikasi Google Photos merupakan salah satu yang asik untuk dipasang. Kalau kamu pakai smartphone Android, kamu juga boleh coba aplikasi Gallery Go.

4. Aplikasi Editor Foto

edit foto di snapseed

Kamu juga pasti sudah tahu aplikasi ini. Aplikasi editor foto akan membantumu mengolah gambar yang ada di smartphone. Walau kamu tidak hobi fotografi, kamu tetap bisa memakai aplikasi ini untuk crop foto, membuat foto lebih bagus, dll. Sedangkan yang hobi fotografi bisa mengolah foto sesuai keinginan mereka.

Ada banyak aplikasi untuk edit foto. Bahkan aplikasi pesan seperti WhatsApp pun punya fungsi edit. Begitupun aplikasi media sosial. Tapi kalau kamu butuh aplikasi edit foto yang keren lainnya, kamu boleh coba Snapseed.

5. Aplikasi Editor Video

membuat video dengan transisi di android

Tentu saja, dengan aplikasi editor video kamu bisa menyunting berkas video di handphone. Mulai dari memotong durasi, mengubah ukuran, menambah teks, dll. Aplikasi ini sangat berguna ketika kamu mau mengunggah video ke media sosial maupun mengirim ke teman.

Lagi-lagi, ada banyak aplikasi editor video baik di Android maupun di iPhone. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah aplikasi inShot.

6. Aplikasi Pengolah Dokumen

Aplikasi pengolah dokumen akan membantumu membuka dan mengedit berkas dokumen. Yah, namanya saja dokumen, tentu saja penting. Apakah itu ketikan tugas, lembar kerja perhitungan penjualan, atau slide presentasi, kamu pasti perlu bisa membukanya.

Pilihan aplikasi pengolah dokumen pun cukup banyak. Kamu bisa memilih yang dari Google seperti Docs, dll atau dari Microsoft seperti Word, dll.

7. Aplikasi Peta

cara menggunakan google maps gps

Salah satu kemudahan yang hadir di era digital adalah aplikasi peta. Saat ini kita sudah tidak perlu repot kalau mau mencari sebuah lokasi dan arah menuju ke sana. Inilah yang membuat aplikasi peta menjadi aplikasi yang vital.

Aplikasi peta yang paling populer adalah Google Maps dan Waze. Keuntungan memakai aplikasi peta yang populer adalah lokasi dan arahan yang komplit. Jadi, silakan pilih di antara keduanya.

8. Aplikasi Ojek Online

Saat ini aplikasi ojek online juga sudah menjadi satu aplikasi penting. Kenapa? Karena suatu saat kamu pasti membutuhkannya. Entah untuk transportasi, atau memanfaatkan layanan lain yang ada di dalamnya seperti membeli makan, belanja, mengirim barang, dll.

Seperti kita tahu, ada beberapa layanan ojek online yang populer di Idonesia. Kamu bisa memilih mau memakai Gojek atau Grab. Punya keduanya pun boleh, agar bisa membandingkan tarif dan keuntungan masing-masing.

9. Aplikasi Layanan Cloud

Jaman sekarang tidak akan afdol kalau tidak memakai penyimpanan cloud. Karena penyimpanan ini akan memudahkan kita menyimpan data dan mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Bahkan lintas perangkat. Aplikasi ini jelas memudahkan dan wajib ada di smartphone.

Layanan cloud yang bisa kamu pilih pun ada banyak. Smartphone Android, biasanya sudah memiliki Google Drive. Sedangkan iPhone sudah memiliki iCloud. Tapi kalau kamu mau mencari alternatif, ada pula Microsoft OneDrive dan Dropbox.

%d blogger menyukai ini: