Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kalahkan Apple, Huawei Bertahan Sebagai Merek Ponsel Paling Laris Kedua

perusahaan Huawei
Anom Penulis

Hal yang luar biasa terjadi. Walau di bawah tekanan pencekalan oleh Pemerintah Amerika, Huawei tetap bisa bertahan sebagai merek ponsel paling laris kedua setelah Samsung dan mengalahkan Apple.

Laporan ini hadir dari berbagai badan survey internasional. Misalnya dari Strategy Analytics, Counterpoint Research, dan Canalys. Selama satu tahun terakhir, Huawei berhasil menjual sekitar 240 juta buah ponsel. Jumlah ini lebih besar dibanding iPhone yang dijual Apple (±200 juta) dan lebih sedikit dari ponsel Samsung (sedikit di bawah 300 juta).

popculture.id

penjualan merek ponsel dunia 2019

Sekali lagi, hal ini merupakan kejadian luar biasa. Di bawah bayangan daftar hitam Pemerintah Amerika, gerakan Huawei jelas terbatas. Ia tidak bisa menggunakan komponen atau fasilitas yang berasal dari perusahaan Amerika. Salah satu yang tidak hadir di ponsel Huawei terbaru (misalnya Mate 30) adalah layanan Google.

Sehingga kekuatan utama Huawei hanya berjalan maksimal di Cina saja. Yah, mungkin juga beberapa ponsel lama (yang masih bisa menggunakan layanan Google karena tidak terpengaruh pencekalan) di beberapa negara lain. Counterpoint Research menyebutkan kalau penjualan ponsel Huawei di Cina meliputi 60% dari jumlah total.

Huawei mulai menjadi merek ponsel yang mendominasi pada tahun 2017. Tahun itu, tepatnya di pertengahan tahun, mereka berhasil mengalahkan Apple untuk pertama kali dan mendepaknya dari posisi kedua. Namun pada tahun 2019, Huawei bisa mengalahkan Apple selama sepanjang tahun.

Menurut Canalys, kalau tidak ada pencekalan dari Pemerintah Amerika, Huawei sebenarnya mampu bersaing dengan Samsung di posisi pertama. Ya, menjadi merek ponsel paling laku di dunia.

Penjualan iPhone sendiri sebenarnya tidak buruk. Terutama setelah iPhone 11 rilis. Ponsel ini kembali berhasil mendongkrak citra iPhone dan bahkan mampu menyaingi penjualan ponsel Samsung di akhir tahun 2019.

Samsung sendiri, walau masih meraja, mengalami pukulan dari berbagai ponsel produksi Cina. Misalnya dari OPPO dan Xiaomi (yang juga masuk 5 besar merek ponsel terlaris). Namun, para analis menduga bahwa Samsung akan kembali mendapat lonjakan nanti setelah Samsung S20 rilis resmi.

    %d blogger menyukai ini: