5 Keputusan Nintendo yang Malah Merugikan Perusahaan

Nintendo juga pernah membuat beberapa keputusan yang buruk, lho.

Nintento adalah salah satu konsol yang pertamakali dirilis pada tanggal 23 September 1889 oleh Fusajiro Yamauchi. Menjadi salah satu konsol game terbaik namun masih tetap kalah dari konsol lainnya seperti PS4 dan Xbox.

DeviceĀ terakhir yang mereka ciptakan adalah Switch yang sudah dimiliki oleh para gamers karena keunikannya. Tapi tahukah kamu, perusahaan konsol game ini juga pernah mengambil beberapa keputusan terburuk untuk perusahaan.

Keputusan-keputusan tersebut membuatnya sedikit tertinggal dari konsol lainnya. Penasaran? Simak beritanya di bawah ini:

GameCube tidak mengadopsi format CD

Keputusan Nintendo

Keputusan Nintento yang buruk urutan pertama ada pada konsol GameCube-nya karena tidak mengadopsi format CD untuk game-gamenya yang berarti GameCube juga tidak memiliki fungsi DVD yang saat itu masih sangat tenar.

Dengan begitu, konsol berwarna ungu ini harus menyerah dipasaran dan hanya terjual 22 juta unit saja. Sedangkan PlayStation 2 bisa mendapat angka penjualan sebesar 154 juta unit, sangat jauh.

Memberikan harga yang tidak wajar untuk 3DS

Keputusan Nintendo

3DS diluncurkan pada tahun 2011 lalu dengan maksud menciptakan konsol inovatif dengan pengalaman 3D tanpa kacamata khusus. Apakah benar-benar 3D? Ya tentu tidak.

Dan yang membuatnya semakin parah adalah harga jual yang awalnya $249,99 menjadi $169,99. Walaupun hampir dikurangi setengah dari harga aslinya, tetap saja 3DS menjadi konsol yang buruk.

Menyerang Streamer Game

Keputusan Nintendo

Waktu itu Nintendo sangat pesimis dengan kegiatanĀ streamingĀ yang mulai marak dilakukan para gamers. Lalu apa yang terjadi? Nintendo menyerang komunitasĀ streamingĀ dengan menyebutkan jika yang mereka lakukan adalah langkah pembajakan.

Nintendo juga sempat mengajukan pelanggaran hak cipta untuk konten Let’s Play dan menuntut seorang YouTuber untuk memberikan pendapatan dari iklan yang ada divideo tersebut, ciee pernah jadi sobat iri dengki. šŸ˜‹

Menjual Rare

Rare adalah salah satuĀ developerĀ terbaik di dunia dengan beberapa game terkenalnya seperti Perfect Dark, Killer Instinct dan Battletoads. Pada tahun 2002, Nintendo malah menjual Rare ke Microsoft, lengkap dengan semua lisensi gamenya, kecuali Donkey Kong.

Apakah keputusan Nintendo tersebut bisa menguntungkan? Jawabannya tidak. Karena masuknya Rare kedalam Microsoft malah memberi dampak positif terhadap kesuksesan Xbox pada awal perilisannya. Jadi bisa dibilang keputusan ini menjadi boomerang bagi Nintendo.

Menciptakan PlayStation

Dan inilah dia keputusan Nintendo paling buruk yang pernah terjadi! Setelah sebelumnya memiliki kegagalan dalam format game mereka, Nintendo memutuskan untuk bekerja sama dengan Sony untuk membuat konsol bernama PlayStation.

Tapi naasnya, Nintendo malah merasa hal tersebut memberikan banyak keuntungan untuk Sony, sehingga mereka memutuskan untuk mundur dari kesepakatan.

Fun fact: PlayStation malah menjadi raksasa didunia per-konsol-an dan membuat Nintendo pontang-panting. Tapi untungnya, sekarang Nintendo memiliki Switch yang membuatnya tidak terlalu ditinggalkan oleh para gamers millenials.