Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apple “Jadi” Kerja Sama dengan Hyundai Buat Mobil Listrik

Indri Penulis

Analis Ming Chi Kuo mengabarkan jika Apple dan Hyundai “jadi” bekerja sama membuat mobil listrik. KIA akan menangani produksi mobil berbasis di AS.

Rencana Apple membuat mobil memang sempat “mlempem” beberapa tahun lalu. Namun akhir 2020 lalu, kabarnya semangat itu muncul kembali seiring munculnya berbagai rumor mengenai “Apple Car.”

popculture.id

Ada yang menyebut jika Apple akan bekerja sama dengan Hyundai dalam pembuatan Apple Car. Namun belum ada konfirmasi resmi dari keduanya.

Sekarang, seorang analis terkenal dari TF Securities yang sering memprediksi produk baru Apple, Ming Chi Kuo angkat bicara. Kuo mengatakan jika Apple dan Hyundai benar-benar akan bekerja sama membuat Apple Car.

Apple x Hyundai Siap Buat Mobil Listrik “Apple Car”

Dalam catatan penelitian yang dikutip dari Apple Insider (via The Verge), Kuo menyebutkan jika mobil pertama Apple akan dibuat berdasarkan platform E-GMP Hyundai, yakni untuk kendaraan listrik bertenaga baterai.

Platform E-GMP sendiri diumumkan akhir tahun lalu. Platform ini diharapkan menjadi basis mobil listrik Hyundai mulai tahun ini.

Sumber Gambar : The Verge

Hyundai mengklaim bahwa kendaraan E-GMP secara teoritis mampu menempuh jarak lebih dari 500km (310 mil) dengan pengisian penuh. Baterai yang ditanam pada mobil mampu mencapai kapasitas 80% hanya dalam 18 menit lewat pengisian cepat.

Kuo mengklaim bahwa mobil Apple yang pertama akan diproduksi bersama Hyundai. Namun kendaraan lain yang melibatkan kolaborasi dengan GM dan PSA kemungkinan juga bakal ada.

Nantinya, Hyundai akan ‘memimpin dalam hal desain dan produksi komponen’ mobil pertama. Sementara anak perusahaannya KIA, akan bertanggung jawab untuk memproduksi kendaraan di AS.

Sementara itu, bulan lalu Hyundai sempat mengkonfirmasi laporan yang mengatakan jika mereka sedang berdiskusi dengan Apple. Namun Hyundai menarik kembali pernyataannya.

Kami telah menerima permintaan kerjasama dari berbagai perusahaan terkait pengembangan EV otonom,” kata Hyundai. “Tidak ada keputusan yang diambil, sebab diskusi ini masih dalam tahap awal,” lanjutnya.

Tapi dikutip dari Reuters, baru-baru salah seorang petinggi Hyundai mengungkapkan hal lain. “Kami bukan perusahaan yang memproduksi mobil untuk orang lain. Tapi jika bekerja sama dengan Apple, sepertinya hasilnya akan luar biasa.”

Kuo sendiri percaya jika mobil pertama Apple akan memasuki pasar pada tahun 2025. Yah, kita tunggu saja nanti.

    %d blogger menyukai ini: