Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kerugian Huawei Akan Mencapai $30 Milyar Akibat Sanksi Amerika

Foto: TechCentral
Anom Penulis

Setelah masuk daftar hitam pemerintah Amerika, Huawei mengalami pukulan besar. Lebih besar dari yang diperkirakan. CEO dan pendiri Huawei Ren Zhengfei memperkirakan kerugian mencapai $30 milyar akibat sanksi Amerika tersebut.

Pencekalan Huawei dengan alasan keamanan nasional Amerika menyebabkan banyak perusahaan mengurungkan kerjasama dengan Huawei. Beberapa di antaranya adalah Google dengan layanan Play Store dan ARM yang merancang chipset smartphone.

popculture.id

Terlebih dari itu, bisnis jaringan 5G Huawei pun terancam. Bahkan Huawei sudah menjual perusahaan kabel bawah laut miliknya. Sungguh ironis, mengingat Huawei merupakan produsen perlengkapan telekomunikasi terbesar di dunia.

Reuter melaporkan bahwa walau sebelumnya yakin bahwa Huawei mampu bertahan, Ren Zhengfei tidak mengira kalau tekad Amerika dalam “menggempur” perusahaannya akan “begitu kuat dan meluas”.

Ren Zhengfei, PEndiri dan CEO Huawei (foto: Reuter)

“Kami tidak menduga mereka akan menyerang kami melalui berbagai aspek,” kata Ren dalam sebuah wawancara di markas besar Huawei di Shenzhen. Ia juga menyebutkan harapannya akan kebangkitan Huawei pada tahun 2021.

Tahun lalu, Huawei meraih pendapatan sekitar 721,2 milyar Yuan atau $104 milyar. Ren Zhengfei memperkirakan pendapatan sekitar $100 milyar untuk tahun ini dan tahun depan. Jumlah itu turun dari perkiraan pertumbuhan tahun 2019 senilai antara $125 milyar sampai $130 milyar.

Sebelum ini, Bloomberg juga melaporkan bahwa Huawei mempersiapkan penurunan distribusi internasional sampai sebanyak 60 juta smartphone. Penurunan yang sangat luar biasa bagi perusahaan dengan smartphone paling laris kedua di dunia.

Sebagai langkah antisipasi kerugian dari penjualan smartphone luar negeri, Huawei berencana merebut separuh pangsa pasar dalam negeri di tahun 2019 ini.

Yang menarik, Ren Zhengfei juga mengatakan bahwa walau mendapat pukulan besar secara finansial, Huawei tidak akan memangkas dana untuk melakukan riset dan pengembangan, juga tidak akan melakukan PHK besar-besaran.

Di sisi lain — yang juga tidak kalah menarik — Broadcom, perusahaan chipset Amerika, memperkirakan penurunan sampai $2 milyar untuk pendapatan mereka di tahun ini. Pencekalan Huawei ternyata juga berimbas pada perusahaan Amerika.

    %d blogger menyukai ini: