Sony Mengembangkan Konektor Handphone Android dan Kontroler Playstation

main game mobile dengan kontroler playstation
Anom Penulis

Sony sedang mengembangkan X Mount, sebuah konektor handphone dan kontroler PlayStation. Sehingga nantinya kamu bisa main game di handphone Android dengan kontroler PlayStation itu.

Yah, bagaimanapun, saat ini main game di handphone memang masih mengandalkan virtual controller alias kontroler di layar. Tentu saja, cara ini tidak senyaman dengan kontroler fisik.

Sony pun bukan yang pertama mengusahakannya. Sudah ada banyak kontroler game atau konektor untuk handphone beredar. Termasuk handphone dan kontroler PlayStation. Kami pun pernah mengulas soal beberapa kontroler handphone Android.

Tapi mungkin karena game handphone semakin populer dan semakin bagus, Sony merasa perlu untuk turun tangan. Terutama agar produknya semakin selaras: Sony PlayStation, Sony Xperia, dan X Mount.

[irp posts=”51469″ name=”Sony Xperia XZ2 Premium Menawarkan Kamera ISO Tinggi”]

Saat ini belum ada informasi yang detil mengenai X Mount. Di halaman situs web Sony, melalui terjemahan Google Translate, hanya terdapat informasi kalau pengguna bisa memasang handphone Xperia dengan X Mount di kontroler DualShock 4. Lalu ada ajakan untuk ikut proses uji coba dengan mengunggah pengalaman ke media sosial. Selain itu, ada galeri berisi penampilan X Mount.

konektor handphone dan kontroler playstation
Perangkat X Mount
x mount di kontroler playstation
X Mount di kontroler Playstation
x mount tampak belakang
Tampak belakang

Walaupun Sony menyebut handphone Xperia, kelihatannya konektor ini juga bisa dipakai dengan handphone lain. Yah tergantung kompatibilitasnya juga.

Tapi mengingat halaman situs X Mount itu berbahasa Jepang, bukan tidak mungkin kalau konektor ini hanya akan tersedia di Jepang. Yah, walau kalau sukses ada kemungkinan dirilis global.

Di sisi lain, mengingat sudah ada konektor lain yang beredar, nampaknya agak susah membayangkan persaingannya. Besar kemungkinan, harga X Mount akan lebih mahal dari produk yang sudah beredar. Terutama kalau tidak ada keunggulan yang spesifik (atau kalau Sony membatasi kompatibilitas).

Kelihatannya memang game di handphone mulai jadi sasaran serius. Di samping hadirnya tren handphone game, gelagat Sony yang mengembangkan konektor handphone dan kontroler PlayStation ini juga menunjukkan perkembangan dari sisi aksesoris. Paling tidak dari sebuah merk besar. Perkembangan ini memang menarik dan layak diikuti.

    %d blogger menyukai ini: