Xiaomi Pamerkan Konsep Smartphone dengan Waterfall Display 4 Sisi

xiaomi quad curved waterfall display

Xiaomi kembali memamerkan konsep smartphone masa depan. Kali ini, Xiaomi menunjukkan konsep smartphone dengan waterfall display atau layar melengkung di keempat sisinya.

Perusahaan asal Cina ini menyatakan bahwa saat ini layar fleksibel sudah menjadi β€œnew normal.” Namun tantangan terbesarnya hadir di sisi lain dan Xiaomi memperkenalkannya.

Layar yang ada di smartphone ini memiliki lengkungan sebesar 88ΒΊ di keempat pinggirnya. Untuk mencapai bentuk itu, Xiaomi memanfaatkan perlakuan khusus, suhu sampai 800ΒΊC, dan prosedur yang kompleks. Termasuk juga proses β€œ3D bonding” baru.

Dengan pemakaian waterfall display di ke-4 sisinya, maka smartphone Xiaomi ini tidak memiliki tombol apapun. Semua operasi dilakukan melalui layar sentuh, termasuk juga informasi dan konten yang muncul di dalam layar.

  • waterfall display smartphone xiaomi bagian kiri
  • waterfall display smartphone xiaomi bagian bawah

Konsekuansi lainnya, smartphone Xiaomi ini juga tidak memiliki colokan apapun. Baik itu untuk audio maupun USB. Solusi untuk hal ini tentu saja teknologi nirkabel yang sudah tersedia saat ini. Seperti untuk pengisian daya maupun audio lewat Bluetooth.

Bagaimana dengan kamera depan dan speaker-nya? Xiaomi menyebutkan kalau untuk selfie akan memakai kamera bawah layar dan utuk suara akan menggunakan teknologi akustik layar (getaran layar untuk mengantar suara).

Kalau kita perhatikan, konsep smartphone dengan layar lengkung di ke-4 sisi ini relatif mudah diwujudkan dari pada konsep smartphone Xiaomi Mi MIX Alpha yang punya layar mengelilingi bodi.

Bagaimanapun, kita sudah melihat banyak smartphone dengan layar melengkung di samping. Mulai dari smartphone Samsung sebagai pionir, Huawei, dan bahkan Xiaomi sendiri (lihat Mi 11).

Mungkin tantangan terbesar justru hadir dari ketersediaan aksesori pendukung dengan harga terjangkau dan perilaku pengguna. Ketika kedua hal itu berjalan β€” dalam arti teknologi nirkabel sudah lebih umum β€” maka konsep seperti ponsel Xiaomi dengan waterfall display 4 sisi ini bukan hal luar biasa lagi.

%d blogger menyukai ini: