Xiaomi Mi MIX Alpha Menghadirkan Layar di Sekeliling Bodi Ponsel

Selain mengumumkan ponsel Mi 9 Pro 5G di Cina, Xiaomi juga menunjukkan konsep smartphone masa depan yang punya layar di sekeliling bodi, yaitu Mi MIX Alpha.

Salah satu impian dari semua produsen smartphone adalah menghadirkan layar yang bisa memberi interaksi maksimal pada penggunanya. Impian ini dikejar dengan berbagai macam cara.

Salah satunya adalah dengan konsep notch dan lubang di layar untuk kamera depan, juga kamera selfie pop-up. Kemudian ada pula usaha dengan melebarkan layar ke samping seperti yang dimulai oleh Samsung. Kini hal itu juga diikuti oleh Huawei dengan Mate 30, juga OPPO dan Vivo dengan konsep “Waterfall Display”.

Dengan Mi MIX Alpha, Xiaomi menawarkan konsep smartphone yang lebih gila-gilaan. Yah, Xiaomi dengan seri Mi MIX termasuk salah satu pionir untuk layar bezel-less. Jadi tidak heran juga.

Mi MIX Alpha

Teknologi Khusus

Smartphone ini memiliki layar hampir di semua permukaan bodi. Kecuali di bagian atas dan bawah, juga di sebuah bidang vertikal di bagian belakang yang diperuntukkan untuk kamera. Xiaomi menyebutnya sebagai “Surround Display” dan layar ini mencapai perbandingan layar-ke-bodi 180,6%.

Xiaomi menjelaskan kalau penyusunan komponennya akan berbeda dengan ponsel biasa. Komponen internal akan disusun terlebih dahulu, baru layar, panel sentuh, dan lapisan pelindung dipasang berlapis satu demi satu.

Susunan tersebut secara khusus harus diterapkan sesuai urutan, agar tingkat tekanan di lekukan layar bisa berkurang di tiap tingkatan. Tidak menumpuk. Lalu, Xiaomi juga mengembangkan lapisan pelindung khusus yang juga berfungsi menopang struktur ponsel.

Selain itu, karena hampir semua bidang berupa layar, Xiaomi menerapkan teknologi layar akustik untuk mengganti lubang speaker dan sensor proximity. Kemudian perangkat ini pun menggunakan bidang tekan khusus di bagian samping untuk meniru tombol fisik (volume dan power).

Layar di sekeliling bodi ponsel xiaomi mi mix alpha
Layar di sekeliling bodi ponsel

Untuk mendukung struktur lebih baik namun tetap ringan, bagian atas dan bawah ponsel terbuat dari titanium alloy dengan standar teknologi pesawat luar angkasa. Bahan ini tiga kali lebih kuat dari stanless steel, tapi berbobot lebih ringan. Sedangkan untuk menutup kamera, Xiaomi menggunakan kaca safir utuh yang disematkan dengan keramik.

Untuk spesifikasi internalnya, Mi MIX Alpha menggunakan chipset Snapdragon 855+, RAM 12GB, kapasitas penyimpanan 512GB (UFS 3.0), dan memiliki baterai 4050mAh dengan teknologi fast charging 40W.

Ah ya, kamera utamanya disebut akan memakai sensor ISOCELL 108MP dari Samsung. Kamera itu akan ditemani kamera wide 20MP (sekaligus sebagai kamera super makro), kamera telephoto 12MP.

Saat ini smartphone ini memang masih berupa konsep. Walau tidak akan diproduksi secara masal, Xiaomi akan memproduksi ponsel ini dalam skala kecil di akhir bulan Desember.

Video perkenalan

Konsep notifikasinya keren:

Konsep animasi charging juga sangar: