5 Lagu Rock Alternatif Indonesia Tahun 90-an Legendaris

mic vintage

Sebelum ini saya sudah mendaftar beberapa lagu rock alternatif barat yang populer dan berpengaruh di tahun 90-an. Sekarang giliran lagu rock alternatif Indonesia. Ya, karena tren itu pun berimbas ke negara kita. Bahkan boleh dibilang, band yang ada di daftar ini mendorong lebih banyak band hadir di industri musik Indonesia.

Seperti banyak band independen era itu, mereka yang berkibar sebagai jagoan rock alternatif Indonesia membesarkan namanya melalui scene underground dan panggung musik sekolah. Lagu-lagu mereka pun berkumandang, menjadi simbol generasi masa itu.

Lagu rock alternatif Indonesia yang legendaris di era 90-an
  1. Impresi dari Pas Band
  2. Wa..lah dari Netral
  3. Tertipu dari Nugie
  4. Kosong dari Pure Saturday
  5. Radja dari /Rif

[irp posts=”44138″ name=”10 Lagu Rock Alternatif Era 90-an yang Wajib Kamu Ketahui”]

Impresi

Impresi merupakan single pertama dan hit dari album kedua Pas Band, In (No) Sensation (1995). Lagu ini sangat khas karena hentakan pedal drum dan riff gitar di awal lagu. Video klip Impresi sempat dicekal karena menampilkan tontonan live music yang tidak lazim. Yah, slam dancing dan crowd surfing memang belum banyak dikenal kala itu. ????

Di awal karirnya, aksi panggung Pas Band memang selalu rancak. Saya sendiri sempat melihat Yukie tersandung di panggung dan kepalanya terbentur speaker. Tapi ia tetap menyanyi dengan muka bersimbah darah.

Wa..lah

Wa..lah merupakan hit Netral dari album bernama sama di tahun 1995. Lagu yang berisik dengan refrain yang aneh ini segera menarik perhatian anak muda. Video klipnya yang juga tidak kalah ajaib kencang diputar di MTV Alternative Nation (saat itu bekerja sama dengan ANTV).

Tertipu

Tertipu adalah lagu hit Nugie dari album pertamanya, Bumi (1995). Walau tidak secadas kedua lagu di atas, lagu ini juga sangat populer di kala itu (juga sering diputar di MTV). Nyanyian yang ada di intro dan lafal ‘u’ yang diucapkan Nugie membuat lagu ini mudah dikenali. Kamu juga bisa melihat pengaruh musik grunge di lagu dan video klipnya.

Kosong

Kosong merupakan lagu hit Pure Saturday dari album perdana mereka yang berjudul Pure Saturday (1996). Band ini terpengaruh oleh musik dari Inggris (mudahnya disebut Britpop). Selanjutnya, mereka juga mempengaruhi berbagai band Indonesia lain. Lagu Kosong, dengan intronya yang ikonik, mengantar Pure Saturday menjadi band yang legendaris walau tidak merilis banyak album.

Radja

Radja adalah single pertama sekaligus hit dari album perdana /Rif yang berjudul sama. Demi Tuhan, lagu ini luar biasa populer. Di tiap konser, saat refrain lagu ini dinyanyikan, hampir pasti semua penonton ikut bernyanyi “Tapi ku bukan raja…”. Dengan album Radja, /Rif berhasil menyabet beberapa penghargaan musik bergengsi.