Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Langganan Tahunan Twitter Blue Resmi Tersedia, Keuntungannya Apa?

tweet twitter blue diprioritaskan
Sumber: GSMArena
Indri Penulis

Langganan tahunan Twitter Blue kini resmi tersedia. Penasaran berapa harga biaya langganan tahunannya? Simak ulasan ini.

Twitter Blue adalah layanan berlangganan Twitter yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Karena sifatnya langganan, jadi pelanggan Twitter Blue bakal memperoleh privilege berupa fitur-fitur yang nggak ada di Twitter biasa.

Apa aja tuh? Banyak sih. Contohnya kamu bisa menikmati fitur tombol Edit. Kamu juga bisa memperoleh tanda centang Twitter sesuai jenis akunmu.

Twitter Blue selama ini hanya menyediakan paket langganan bulanan. Tapi sekarang beda, paket langganan tahunan Twitter Blue resmi tersedia. Kira-kira berapa harganya? Mari kita cek.

Mengintip Harga Paket Langganan Tahunan Twitter Blue

Sebenarnya Twitter Blue sebenarnya ‘baru kembali’ beberapa minggu yang lalu. Layanan ini sempat hiatus selama beberapa waktu.

Alasan hiatusnya Twitter Blue yakni karena banyaknya akun palsu yang menyamar sebagai selebritas dan perusahaan di seluruh dunia. Karena sudah bikin banyak kekacauan, alhasil layanan Twitter Blue terpaksa dihentikan sementara waktu.

Menjelang akhir tahun 2022, layanan Twitter Blue resmi diluncurkan kembali. Nah, sekarang layanan Twitter Blue kembali dengan menawarkan paket langganan tahunan selain bulanan.

langganan tahunan twitter blue
Gambar Oleh: Twitter Help

Seperti yang kamu lihat pada tabel di atas. Tabel yang dibagikan akun resmi Twitter Help itu menampilkan kisaran harga paket langganan Twitter Blue. Sekarang ada 3 jenis paket langganan Twitter Blue yakni iOS (bulanan), web (bulanan)dan web (tahunan *baru).

Kita ambil salah satu contoh, yakni harga paket langganan bulanan di Amerika Serikat. Pelanggan bakal dikenai biaya $8/bulan atau sekitar Rp 121.000/bulan untuk pengguna web, dan $11 atau sekitar Rp 167.000/bulan untuk pengguna iOS.

Nah kalau ingin ikut paket langganan tahunan Twitter Blue, pelanggan di Amerika Serikat dikenai tarif $84/tahun. Yah kalau dirupiahkan sekitar Rp 1,2 juta per tahun.

Baca Juga:  Akuisisi Twitter oleh Elon Musk Ditunda Gara-Gara Akun Spam

Kalau dipecah jadi perbulan, pelanggan tahunan Twitter Blue sama aja bayar sekitar $7/bulan. Memang sih itu bukan diskon besar. Tapi untuk pengguna Twitter ‘hardcore,’ sedikit diskon semacam itu tetap menjadi tawaran yang cukup menggiurkan.

Di sisi lain, nggak sedikit orang yang menganggap negatif Twitter Blue. Bahkan buat yang nggak suka, mereka bakal bilang kalau Twitter Blue cuma buang-buang uang.

Tapi berbeda dengan pengguna Twitter ‘hardcore.’ Mereka rela berlangganan Twitter Blue demi mendapatkan fitur-fitur eksklusif. Yah contohnya seperti fitur peringkat prioritas dalam balasan percakapan, batas unggahan video hingga 60 menit, pembaca thread, kemampuan mengedit tweet, dll.

Sementara itu, saat ini layanan Twitter Blue baru tersedia di negara tertentu. Seperti AS, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Tapi Twitter janji kalau mereka bakal memperluas layanan Twitter Blue ke negara lain dalam beberapa bulan ke depan. Yah semoga aja Indonesia kebagian.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]