Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Laptop Chromebook Gaming Meluncur, Tapi Jangan Senang Dulu

gambar laptop chromebook untuk gaming
Gambr oleh: Google
Anom Penulis

Selama ini laptop Chromebook terkenal sebagai perangkat yang lebih untuk keperluan praktis. Tapi bagaimana jika ada laptop Chromebook gaming? Google sudah mengumumkannya. Tapi mungkin tidak seperti yang kamu bayangkan.

Hal pertama yang cukup menarik adalah pengumuman ini terjadi tidak sampai 2 minggu setelah Google menutup layanan cloud gaming, Stadia. Kelihatannya Google masih percaya diri dengan cloud gaming.

Berbasis Cloud Gaming

Ya, jajaran laptop gaming Chromebook ini memang tidak dirancang untuk memuat game di dalamnya. Namun pengguna bisa memanfaatkan layanan cloud gaming untuk memainkan game favoritnya.

Laptop-laptop Chromebook ini dirilis oleh Acer, ASUS, dan Lenovo sebagai rekanan Google. Performa masing-masing laptop itu disebut sudah dipastikan oleh GameBench untuk game AAA yang berjalan pada 120 frame per second dan latensi input di bawah 85ms.

gambar 3 buah laptop
Gambar oleh: Google

Jajaran laptop ini mendukung layanan Xbox Cloud Gaming (Beta), NVIDIA GeForce NOW dan Amazon Luna .

Google bekerja sama dengan NVIDIA untuk membawa permainan GeForce Now sampai ke tier paling tinggi sekelas RTX 3080. Pengguna layanan GeForce Now bisa memainkan game seperti Fortnite, Cyberpunk 2077, Crysis 3 Remastered di resolusi 1600p dan 120fps.

Google juga bekerja sama dengan Microsoft untuk membawa game dari layanan Xbox Cloud Gaming (Beta) melalui aplikasi web. Pengguna bisa memainkan game seperti Forza Horizon 5, Grounded dan Microsoft Flight Simulator melalui langganan Xbox Game Pass.

Laptop Game Chromebook

Ada laptop Chromebook yang Google umumkan. Seperti disebut di atas, masing-masing berasal dari Acer, ASUS, dan Lenovo.

Acer Chromebook 516 GE

gambar laptop Acer Chromebook 516 GE
Gambar oleh: Google

Laptop Acer ini memiliki layar 16-inci (16:10) WQXGA3 (2560 X 1600) IPS 120Hz dengan rentang warna 100% sRGB. Lalu di dalamnya, terdapat prosesor Intel Core i5+ generasi 12 dengan RAM 8GB.

Baca Juga:  Review Macbook Pro 13 M1 2020: Jatuh Cinta Lagi?

Kemudian, laptop Chromebook 516 GE juga memiliki keyboard dengan lampu RGB dan fitur antighosting. Sedangkan untuk konektivitasnya, laptop ini sudah mendukung WIFi 6E. Selain itu juga ada dukungan audio DTS pada speaker-nya.

ASUS Chromebook Vibe CX55 Flip

gambar laptop ASUS Chromebook Vibe CX55 Flip
Gambar oleh: Google

Laptop ASUS Chromebook Vibe CX55 Flip memiliki layar sentuh 15.6-inci (1920×1080) IPS dengan refresh rate 144Hz. Di dalamnya ada pilihan prosesor Intel Core i3, Intel Core i5, atau Intel Core i7, dengan pilihan RAM 8GB atau 16GB.

Keyboard-nya juga punya fitur anti-ghosting, sementara speaker-nya besutan Harman Kardon, dan koneksinya mendukung WiFi 6. Keunggulan lain laptop ini adalah bentuknya yang konvertibel, bisa dilipat.

IdeaPad Gaming Chromebook 16

gambar laptop IdeaPad Gaming Chromebook 16
Gambar oleh: Google

Laptop IdeaPad Gaming Chromebook 16 memiliki layar 16-inci WXQGA (2560×1600) dengan refresh rate 120Hz. Di dalamnya terdapat pilihan prosesor Intel Core i3 atau Intel Core i5 dengan RAM 8GB.

Chromebook ini juga punya fitur khas laptop game, yaitu keyboard RGB dengan anti-ghosting. Speaker-nya ada 4 dengan Wave audio tuning. Lalu dukungan koneksinya adalah WiFi 6E.

Belum Untuk Semua Gamer

Sebagai laptop gaming yang memanfaatkan layanan cloud, jelas Chromebook ini belum akan bisa dinikmati oleh semua gamer.

Bagaimanapun, untuk bisa memainkan game berbasis cloud, koneksi dengan kecepatan tinggi dan stabil, juga bandwidth yang besar sangat kita butuhkan. Padahal koneksi semacam itu belum dimiliki oleh banyak orang.

Lalu, tidak semua layanan cloud gaming tersedia secara global. Paling tidak belum untuk saat ini. Mungkin di masa depan, entah kapan.

Langkah Google mengumumkan tiga Chromebook yang bisa untuk main game lewat cloud ini mungkin menarik. Mereka nampaknya masih tetap ingin “mencicil masa depan.”

Baca Juga:  Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED (M7600): Salah Satu Laptop Paling Worthy

Walau begitu, laptop gaming yang bisa meng-install game di dalamnya nampaknya masih menjadi daya tarik dalam waktu dekat ini. Bagaimana menurutmu? Apakah cloud gaming bisa segera diadaptasi oleh orang banyak? Apakah laptop Chromebook gaming bisa menarik perhatian?