Layanan Langganan Game Yang Perlu Kamu Tahu

main game
Anom Penulis

Saat ini gamer sudah bisa bermain game melalui layanan berlangganan, mirip seperti nonton film dan serial. Nah, untuk itu, kami mengajak kamu melihat beberapa layanan langganan game yang ada. Sehingga jika kamu belum tahu, kamu bisa menemukan layanan yang pas.

Bukan rahasia lagi kalau main game bisa jadi hobi yang lumayan mahal. Selain perangkat dan aksesori, harga game itu sendiri bisa membuat kantong bolong jika kamu tidak hati-hati. Walau beberapa bursa game sering menawarkan diskon dan bahkan game gratis, sangat jarang game terbaru masuk ke penawaran itu.

Di sinilah sistem langganan game memainkan perannya.

Apa itu Layanan Game Berlangganan?

Layanan game berlangganan menawarkan cara lain pada gamer untuk bermain. Alih-alih membeli satu game, gamer bisa membayar biaya langganan bulanan dan memainkan game yang tersedia dan mereka sukai. Jadi, sistem langganan seperti ini mirip dengan layanan video streaming (Video on Demand), seperti Netflix, Disney+, Prime Video, dll.

Keuntungan yang pertama kali kamu dapatkan tentu bisa mencoba berbagai game. Kalau tidak suka atau bosan, kamu bisa beralih ke game yang lain. Hal ini tentu sulit kamu dapatkan jika menggunakan cara konvensional. Bayangkan membeli game seharga di atas Rp500.000 hanya untuk mengetahui kalau kamu ternyata tidak suka.

Selain itu, ada hal lain yang perlu kamu ketahui. Tidak semua layanan langganan game tersedia di semua negara. Ya, sama juga seperti layanan streaming film. Jadi, hal ini juga bisa jadi bahan pertimbangan.

Layanan Langganan Game

Di sini kami membuat beberapa layanan game berlangganan yang paing populer. Karena memang banyak permainan populer muncul di layanan ini.

Xbox dan PC Game Pass

langganan PC Game Pass indonesia

Xbox dan PC Game Pass merupakan layanan berlangganan dari Microsoft. Tentu saja, Xbox Game Pass merupakan layanan untuk konsol, dan PC Game Pass untuk komputer.

Game Pass menawarkan berbagai fitur menarik. Misalnya seperti menikmati permainan baru dari hari pertama rilis dan bisa memainkan game secara streaming (cloud gaming) di berbagai perangkat (termasuk ponsel).

Layanan Game Pass memiliki paket langganan Ultimate ($14.99/bulan), PC ($9.99/bulan), dan Konsol ($9.99/bulan). Namun, layanan Game Pass yang saat ini tersedia di Indonesia adalah PC Game Pass dengan harga langganan Rp15.000.

Silakan cek di situs resmi.


PlayStation Plus

langganan game playstation

Seperti terlihat dari namanya, layanan game ini merupakan milik Sony dan berbasis konsol PlayStation (paling tidak sampai artikel ini ditulis). Layanan ini menawarkan berbagai fitur, seperti: Game bulanan, online multiplayer, diskon eksklusif, konten eksklusif, dll.

Paling tidak, ada tiga paket langganan game yang tersedia di PlayStation Plus. Ada Essential (mulai dari Rp89.000), Extra (mulai dari Rp135.000), dan Deluxe (mulai dari Rp155.000). Tentu ada fitur tambahan berbeda untuk masing-masing paket.

Silakan cek di situs resmi.


Apple Arcade

Apple Arcade platform

Mungkin nama Apple memang kurang identik dengan game. Paling tidak sebelum Apple Arcade hadir. Melalui layanan ini, Apple menawarkan game eksklusif di berbagai perangkat mereka, seperti iPhone, iPad, dan juga Mac.

Kamu bisa berlangganan Apple Arcade dengan harga Rp69.000/bulan atau dengan berlangganan paket Apple One yang juga menyertakan layanan lain.

Silakan cek di situs resmi.


Google Play Pass

Seperti terlihat dari namanya, layanan ini berasal dari Google. Dengan layanan ini kamu bisa mengakses berbagai aplikasi dan game dari Play Store tanpa iklan. Layanan ini hadir untuk perangkat Android dan Chromebook. Namun, sampai artikel ini ditulis, Google Play Pass belum tersedia di Indonesia.

Silaan cek di situs resmi.


Netflix

netflix games

Ya, langganan Netflix kini juga termasuk untuk main game, tidak hanya untuk nonton film dan serial saja. Jadi Netflix kelihatannya berusaha menawarkan solusi hiburan tersendiri (walau untuk musik belum ada).

Sampai saat artikel ini ditulis, kehadiran game di Netflix baru tersedia untuk mobile game saja, baik di perangkat Android maupun iOS. Namun permainan ini tersedia untuk semua paket langganan Netflix. Walau begitu, game belum tersedia untuk akun anak-anak.

Silakan cek di situs resmi.


Prime Gaming

Prime Gaming merupakan bagian dari sistem langganan layanan Amazon. Dengan layanan ini kamu bisa mendapatkan konten di dalam game secara eksklusif, game gratis, langganan Twitch gratis, dan juga semua yang ada di layanan Amazon Prime.

Nah, walau Prime Video sudah tersedia, namun Prime Gaming belum hadir di Indonesia (paling tidak sampai artikel ini ditulis).

Silakan cek di situs resmi.


EA Play

EA Play merupakan layanan dari Electronic Arts, salah satu perusahaan game populer. Dengan layanan ini kamu bisa mencoba game baru sampai 10 jam tanpa membeli (jika game bersangkutan tidak termasuk dalam layanan ini), konten dalam game eksklusif, main berbagai game pilihan, dan diskon 10% untuk game (termasuk DLC).

Harga langganan EA Play tersedia mulai dari $4.99/bulan. Menariknya, EA Play juga tersedia melalui layanan game lain, seperti Game Pass dan juga tersedia di Steam.

Silakan cek di situs resmi.

Ubisoft+

Seperti terlihat dari namanya, Ubisoft+ adalah layanan langganan dari perusahaan game terkenal Ubisoft. Dengan layanan ini, kamu bisa download game dari koleksi Ubisoft+, main di berbagai perangkat (tergantung paket langganan), main game yang baru rilis, diskon eksklusif, dan loyalty reward. Namun, layanan Ubisoft+ saat ini belum tersedia di Indonesia (paling tidak sampai artikel ini ditulis).

Silakan cek di situs resmi.

    %d blogger menyukai ini: