Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Layar Eco OLED Samsung Bikin Smartphone Lebih Hemat Baterai

galaxy z flip 3
Anom Penulis

Samsung sudah mengumumkan ponsel unggulan terbaru Galaxy Z Fold3 dan Flip3. Namun, ada yang tidak Samsung beritahu secara detil di peluncuran itu. Ada teknologi layar baru dari Samsung bernama Eco OLED yang membuat smartphone lebih hemat daya baterai.

Layar smartphone merupakan salah satu komponen yang menguras baterai. Itu sebabnya Screen-on-Time sering dipakai sebagai tolok ukur penggunaan smartphone. Kalau tidak percaya, silakan cek sendiri penggunaan baterai di ponselmu.

Selama ini, layar smartphone memiliki lapisan polarizer yang menghambat laju cahaya dari luar, sehingga menghindari pantulan di layar. Akibat adanya lapisan ini, kamu bisa lebih mudah melihat konten di smartphone di bawah sinar matahari.

Namun, seperti yang dijelaskan oleh AnandTech, lapisan polarizer ini lebih gelap dan juga menyerap cahaya dari dalam. Dengan begitu, ponsel menghadirkan layar lebih terang sebagai kompensasinya. Pada akhirnya, lebih banyak daya dipakai dan menguras baterai.

Layar Eco OLED Samsung Menghapus Polarizer

Samsung menjawab permasalahan itu dengan layar Eco OLED. Samsung Display, sebagai anak perusahaan yang menggarap layar, mempublikasikan layar baru ini pada tanggal 16 Agustus 2021 di situs resmi mereka.

Perusahaan asal Korea ini membuat layar dengan struktur pixel yang lebih baru, yang mampu meminimalkan pantulan cahaya dari luar. Dengan optimalisasi di tingkat struktur pixel ini, layar OLED sudah tidak membutuhkan lapisan polarizer lagi.

perbandingan layar eco oled samsung

Samsung menyatakan kalau teknologi layar OLED baru ini mampu menghasilkan transmisi cahaya 33% lebih cerah, sementara pemakaian daya berkurang sampai 25%. Hasil ini merupakan perbandingan dengan versi polarizer.

Raksasa teknologi dari Korea ini juga menyatakan kalau struktur pixel baru ini juga membantu kehadiran Under Panel Camera (UPC / kamera bawah layar). Seperti yang muncul di Samsung Galaxy Z Fold3.

Baca Juga:  Rumor Terbaru! Samsung Galaxy Z Fold 4 Tak Punya Slot S Pen Bawaan + Ukuran Kecil

Jadi akan menarik melihat pemakaian layar Eco OLED ini di smartphone Samsung berikutnya. Yah, bisa juga di ponsel lain, mengingat Samsung menyuplai layar ke banyak merek smartphone. Tentunya juga menarik melihat perkembangan kamera bawah layar lebih luas.