Lenovo Z5 Tidak Seperti Yang Dijanjikan

handphone lenovo z5

Beberapa waktu lalu, Vice President Lenovo, Chang Cheng, mengunggah tampilan handphone layar full screen. Handphone yang disebut sebagai Lenovo Z5 itu ternyata memiliki penampilan berbeda, tidak seperti yang dijanjikan.

Ketika itu, handphone ini disebut memiliki perbandingan ukuran layar dengan bodi sebesar 95%. Bahkan sempat beredar gambar sketsa konsep yang menunjukkan handphone dengan layar full screen. Namun begitu diumumkan ke publik, kenyataan berkata lain.

Penampilan foto resmi cukup berbeda dengan foto yang ada di teaser yang beredar. Lenovo Z5 memiliki notch (lihat bagian tengah layar) dan ukuran bingkai (bezel) yang lebih besar.

perbandingan render lenovo z5
Perbandingan gambar render Lenovo Z5

Spesifikasi yang tertera di website resmi (dalam bahasa Cina) menyebutkan kalau handphone ini memiliki layar 6,2 inci IPS LCD, FHD+ 2246×1080, dengan rasio 18,7:9 dan perbandingan layar ke bodi 90% (berbeda dengan teaser-nya).

Untuk spesifikasi internal, Lenovo Z5 menggunakan chipset Snapdragon 636, RAM 6GB, penyimpanan 64GB/128GB (mendukung microSD), dan baterai 3300mAh. Lalu, handphone ini menggunakan kamera ganda 16MP + 8MP di belakang, dan kamera 8MP di depan.

Yang tidak kalah menarik, selain memiliki pilihan warna hitam dan biru, Lenovo Z5 juga memiliki varian dengan cover belakang gradasi (aurora) seperti Huawei P20.

lenovo z5
Lenovo Z5

Mungkin kita bisa paham bahwa handphone dengan layar full screen memang belum bisa dibuat saat ini. Paling tidak, masih akan ada bidang sedikit lebih besar di bagian atas bawah (entah dengan notch atau seperti Samsung Galaxy S8 / S9) atau di bagian bawah (seperti Xiaomi Mi Mix 2). Namun entah apa yang membuat petinggi Lenovo memutuskan untuk membuat teaser seperti itu.

Yang lebih tragis lagi, beredar sebuah foto Lenovo Z5 di Twitter, yang menunjukkan bahwa handphone itu punya bingkai yang lebih tebal daripada gambar yang ada di website (terutama bagian bawah). Kamu bisa melihatnya di tweet dari akun Ice Universe (@UniverseIce).

perbandingan lenovo z5
Foto Lenovo Z5 dari website dan foto di Twitter Ice Universe

Wow. Hal ini tentu saja bisa memberi noda pada reputasi Lenovo. Yah, lihat saja berbagai berita yang beredar di internet sekarang. Kalau tdak ada teaser seperti itu, mungkin dunia tidak akan bereaksi dengan keras. Kita mungkin hanya akan melihatnya sebagai sebuah handphone berponi lain di antara sekian banyak yang sudah hadir.

Mungkin tetap ada yang membeli handphone ini (saat ini dijual di Cina dengan harga 1299 Yuan). Tapi sekali lagi, hal ini bisa berpengaruh pada kepercayaan konsumen. Di era ketika perusahaan smartphone bersusah payah bertahan (lihat LG dan HTC), apakah cara seperti ini tepat? Sekali lagi, entah.

%d blogger menyukai ini: