LG dan Samsung Membuat Monitor Portabel untuk Smartphone

Samsung dan LG dikabarkan akan merilis monitor portabel untuk smartphone. Kira-kira seperti apa monitor itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Saat ini smartphone terlihat sangat kuat, hingga seolah-olah kita bisa menggunakan mereka untuk semua kebutuhan. Dimulai dari bermain game, bekerja, dll.

Walau begitu, smartphone tetap memiliki keterbatasan. Apalagi dalam hal pengeditan dokumen atau video. Walau bisa dilakukan di smartphone, tapi proses pengeditan akan lebih efisien jika dilakukan di desktop.

Nah, baru-baru ini Samsung dan LG dikabarkan tengah membuat monitor portabel. Kabarnya dengan benda ini, kita akan bisa menghubungkan gambar dari smartphone ke monitor.

Sumber Gambar : Samsung Global Newsroom

Monitor Portabel Samsung dan LG

Menghubungkan smartphone ke monitor bukan kali ini terjadi. Sebelumnya, Google sempat memperkenalkan Mode Desktop di Android 10.

Mode ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke monitor. Jadi, pengguna bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

Sementara Samsung dulu juga telah menawarkan Mode Dex di perangkatnya. Sedangkan pesaingnya, LG tidak mau ketinggalan. Perusahaan itu meluncurkan aplikasi serupa di Android 10 miliknya.

Agar prosesnya berjalan lebih efisien, Samsung dan LG berinovasi membuat sebuah monitor portabel. Jadi layar portabel ini akan memiliki cara kerja mirip smartphone.

Dilansir dari ETNews, kedua perusahaan berencana merilis layar portabel untuk smartphone. Monitor ini akan memanfaatkan daya komputasi smartphone secara penuh.

Sementara itu, layar portabel ini bakal mempunyai desain yang lebih ringan. Monitor tersebut juga akan dibekali kabel dan Bluetooth.

Sebenarnya tujuan utama dari monitor ini adalah memberikan pengguna tampilan yang lebih besar. Misalnya untuk menonton film, mengedit foto / video, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Berbeda dengan Razerโ€™s Project Linda, layar portabel Samsung dan LG tidak mempunyai keyboard bawaan. Jadi pengguna perlu menghubungkan laptop ke peripheral mereka sendiri.

Kabarnya, Samsung akan menamai monitor portabelnya dengan Samsung DexBook. Perangkat ini akan menampilkan layar FHD 14.1 inci, berat 1kg dan baterai 10.000 mAh.

Sedangkan layar portabel dari LG akan bernama Cloud Top. Monitor ini juga menawarkan layar FHD 14.1 inci, bobot 600 gram dan baterai 5.000 mAh.

Kedua produk akan dibanderol dengan harga dari 400.000 โ€“ 500.000 Won ($340 – $420). Kabarnya, kedua monitor ini akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2020.