Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

LG Display Pamerkan Layar Lengkung di “Media Chair” dan “Virtual Ride”

Anom Penulis

LG nampaknya berambisi mencuri fokus di acara CES 2022. Setelah LG mengumumkan lini laptop gaming UltraGear dan layar monitor DualUp dengan proporsi unik, kini LG Display menampilkan kemampuan layar OLED lengkung melalui “Media Chair” dan “Virtual Ride”.

Di acara CES 2021, LG Display memamerkan teknologi layar transparan. Menariknya, untuk CES 2022, LG memutuskan untuk “kembali” bereksperimen dengan layar lengkung. Bedanya, konsep kali ini menunjukkan produk dengan kegunaan spesifik.

Layar lengkung atau fleksibel memang semakin naik daun. Kita sudah bisa melihat pemakaiannya di berbagai monitor ultra-wide dan ponsel lipat. Termasuk juga layar gulung, seperti di konsep LG Rollable.

Nah, seperti apa konsep produk yang memakai layar lengkung ini?

Media Chair

Entah bagaimana pemakaian praktis kursi media ini dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kursi ini memiliki konsep sebagai tempat kamu menikmati hiburan digital dengan nyaman.

Kursi ini secara utuh memiliki bentuk hampir satu lingkaran penuh. Lengkap dengan layar monitor (TV) dan sofa empuk yang bisa disesuaikan.

Layar monitor ini memiliki ukuran 55 inci dan memiliki lengkungan kurva 1500R mengikuti kerangka kursi. Di belakangnya ada dudukan dengan pivot. Sehingga layar bisa kita atur dalam posisi vertikal (selaras dengan kerangka) atau horizontal.

Lalu, LG juga melengkapi monitor tersebut dengan Cinematic Sound OLED (CSO). Teknologi ini memungkinkan layar OLED mengirim suara melalui getaran. Dengan begitu, layar bisa tampil utuh, nyaris yanpa bingkai untuk tempat speaker.

Walau kursi ini disebut dengan istilah “Media Chair”, kayaknya kursi ini juga asik dipakai untuk main game. Kalau sudah nyaman begitu, bisa lupa waktu nonton serial atau main game. Hahaha.

Virtual Ride

LG menyebut perangkat selanjutnya dengan nama “Virtual Ride”. Perangkat ini merupakan sepeda statis berteknologi digital, lengkap dengan layar di depan untuk menampilkan pemandangan.

Jadi kamu bisa membayangkan berolahraga di dalam ruang (indoor) tapi tetap bisa melihat nuansa luar ruang (outdoor). Supaya pengalaman lebih imersif, LG memasang layar yang melengkung dari bawah sampai atas.

LG menyebutkan kalau layar lengkung itu sama dengan tiga monitor 55 inci. Bagian yang melengkung tajam memiliki kurva 500R. Sehingga bagian paling atas bagaikan langit-langit.

Lagi-lagi, melihat produk ini, walau ditujukan untuk kepentingan olah raga, akan menarik juga jika bisa diterapkan dengan game. Bayangkan aksi yang bisa kamu lakukan dengan tampilan layar seperti itu. Seru pastinya.

Memang kedua produk ini masih sebatas konsep. Namun dengan perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin di masa mendatang akan terwujud.

CES memang sering menjadi ajang perusahaan teknologi memamerkan pencapaian mereka. Sekali lagi, kayaknya di CES 2022 ini LG benar-benar ingin unjuk gigi.

    %d blogger menyukai ini: