Wah, Sekarang Kamu Bisa Login Aplikasi Lain Pakai Akun TikTok!

TikTok resmi perluas integrasinya dengan aplikasi pihak ketiga. Sekarang kamu bisa login ke aplikasi lain pakai akun TikTok.

Baru-baru ini, TikTok meluncurkan Login Kit dan Sound Kit. SDK anyar ini memungkinkan aplikasi smartphone, web sampai konsol mengotentikasi penggunanya lewat akun TikTok.

Secara umum, Login Kit punya cara kerja seperti Facebook. Kamu pasti pernah akan login ke aplikasi atau web, tapi di dalamnya ada pilihan login pakai akun Facebook (selain pakai email) kan? Nah, cara kerja Login Kit seperti itu.

Sedangkan Sound Kit punya cara kerja yang berbeda. Kit ini memungkinkan kamu memboyong suara atau musik bikinan sendiri ke TikTok.

Nah, supaya kamu lebih paham soal kedua kit anyar ini, kamu boleh baca artikel ini sampai selesai untuk mendapat uraian lengkapnya.

Login Kit –Login Aplikasi Lain Pakai Akun TikTok

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Login Kit membuatmu bisa login cepat ke aplikasi lain menggunakan kredensial TikTok. Caranya kerja mirip dengan yang tawarkan oleh Facebook. Setelah berhasil login, kamu bisa langsung mengakses video TikTok-mu di aplikasi pihak ketiga.

Saat kamu masuk aplikasi lain pakai kredensial TikTok, kamu bakal melihat kotak izin yang menanyakan apakah aplikasi tersebut ‘boleh melihat info profil dan mengakses video TikTok-mu atau tidak.’ Kamu harus menyutujuinya agar bisa memanfaatkan opsi berbagi video TikTok di dalam aplikasi pihak ketiga. Untuk saat ini, cuma itu saja izin yang diminta Login Kit.

@lollytoks

New Login Kit for @TikTok!! It’s a game changer ❤️?? #tiktokSDK #loginkitfortiktok #lolly #dating #developers

♬ Steven Universe – L.Dre

Contoh implementasinya bisa dilihat pada aplikasi kencan video, Snack, yang sudah pakai Login Kit. Dengan kit ini pengguna Snack bisa login ke aplikasi memakai akun TikTok, lalu membagikan video TikTok ke profil kencan mereka.

Aplikasi Burpple yang berbasis di Singapura juga sama. Pengguna dapat berbagi review makanan dalam bentuk video TikTok dengan komunitas.

Buat kamu pecinta game, aplikasi perekaman game Medal juga sudah memakai Login Kit TikTok. Membuat penggunanya bisa berbagi video TikTok ke sesama gamer.

Aplikasi, game atau platform lain yang sudah pakai Login Kit antara lain PUBG (ya, game PUBG), Allstar (buat gamer), Breathwrk (aplikasi pengurang kecemasan), EME Hive (aplikasi kencan dan live streaming), IRL, Lolly Toks, MeetMe, Monet, Neon, Swipehouse, dan Streamlabs.

Sound Kit – Berbagi Audio Bikinan Sendiri ke TikTok

Beda dengan Login Kit, Sound Kit memungkinkan kreator membawa suara atau lagu bikinan mereka ke TikTok. Meski berbeda dengan Login Kit, tapi kamu tetap butuh Login Kit untuk bisa memakai Sound Kit.

Sumber Gambar : TikTok Newsroom

Semua jenis suara atau musik bisa kamu boyong ke TikTok. Tapi ingat, setiap jenis audio yang kamu boyong harus mencantumkan hak lisensi.

Yah, setidaknya dengan adanya Sound Kit, kreator dapat menarik minat lebih banyak penonton. Bahkan suara asli mereka (yang mungkin fals. Hehehe) juga bisa dipakai ke video TikTok.

Beberapa pihak yang sudah memakai kit ini antara lain studio rekaman multi-track seluler Audiobridge, music creation dan collaboration suite LANDR, aplikasi pembuat musik hip hop Rapchat, dan aplikasi perekam dan remix audio Yourdio (baru akan rilis).

%d blogger menyukai ini: