Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

MacBook Pro vs MacBook Air: MacBook Mana yang Tepat?

Indri Penulis

MacBook Pro VS MacBook Air? Jika disuruh memilih, mana yang kalian pilih? Simak artikel ini untuk mengatahui perbandingan diantara keduanya.

Apple telah mengelompokkan laptop portabel Mac menjadi dua jenis. Kedua laptop ini adalah MacBook Pro dan MacBook Air.

Baik MacBook Air atau MacBook Pro, mereka memiliki fitur dan spesifikasi berbeda. Selain itu, kedua laptop juga ditujukan untuk kebutuhan pengguna yang berbeda.

Namun banyak orang bingung saat akan membeli salah satu laptop tersebut. Nah, kali ini saya akan memberikan perbandingan antara MacBook Air dan Pro supaya kalian tidak bingung.

Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

MacBook Pro VS MacBook Air

Sumber Gambar : Mac World

Fitur MacBook yang Sama

Perlu diketahui, mau kalian memilih MacBook Pro atau Air, laptop akan menjalankan macOS. Ini adalah sistem operasi yang digunakan semua perangkat Apple.

Selain itu, kedua laptop juga sama-sama memiliki performa baterai yang baik. Semua model diberi batasan minimal 10 jam penggunaan. Tapi hal ini tergantung bagaimana kalian memakai laptop.

Secara keseluruhan, kualitas build MacBook memang solid. Bodi MacBook Air dan Pro dibuat dari aluminium unibody. Ini tidak hanya menawarkan heatsink hebat, tapi juga sasis yang kokoh.

Nah, sekarang mari kita lihat masing-masing model secara terpisah. Kalian bisa lihat bagaimana perbedaan antara dua laptop tersebut.

MacBook Terbaik Bagi Mayoritas Pengguna: MacBook Air

Sumber Gambar : Costco Wholesale

MacBook Air adalah salah satu laptop termurah milik Apple. Karena memiliki harga termurah, jadi tidak heran apabila laptop ini menjadi sasaran banyak orang.

Selama bertahun-tahun, desain MacBook Air tetap sama. Hanya saja pada tahun 2018 lalu, MacBook Air versi terbaru didesain lebih tipis dan ringan.

MacBook Air generasi pertama memiliki resolusi layar yang rendah. Tapi setelah diperbarui, laptop ini telah menerapkan layar Retina. Ini membuatnya lebih nyaman saat digunakan.

Dulu MacBook Air hanya tersedia dalam model 11 inci. Namun saat ini, kalian dapat membeli laptop berukuran 13 inci.

Sumber Gambar : Apple

Laptop ini menawarkan baterai dengan daya tahan 12 jam. Sayangnya, Apple hanya memasang sedikit port ke MacBook Air. Hal ini membuat konektivitas agak kurang nyaman.

Selain jack headphone, kalian hanya mendapatkan dua port Thunderbolt 3. Itu pun salah satunya digunakan untuk mengisi daya.

Oya, laptop ini dibanderol dengan harga $1.099 atau sekitar Rp 15,5 juta.

MacBook Terbaik untuk Para Profesional: MacBook Pro

Sumber Gambar : Apple

Laptop ini hadir dalam dua varian, yakni model 13 inci dan 15 inci. Semua model memiliki fitur Touch Bar, yang mampu menggantikan baris di atas tombol fungsi dengan layar OLED.

MacBook Pro diklaim sebagai laptop Apple dambaan banyak orang. Laptop ini ditujukan untuk para profesional yang butuh daya dan portabilitas.

MacBook Pro 15 inci dan 13 inci menggunakan layar Retina dengan P3. Selain itu, kedua laptop dibekali trackpad Force Touch dan RAM 8GB.

Sumber Gambar : iBox

Sayangnya, model 13 inci agak sedikit loyo dengan penyimpanan hanya 128GB. Tapi di sisi lain, versi 13 inci dibekali Intel Iris Graphics, yang bisa menggerakkan layar Retina dan 5K, atau layar 4K bersamaan.

Berbekal GPU terpisah Radeon Pro, model 15 inci bisa menggerakkan dua layar 5K atau 4K bersamaan. Harga yang mahal tentu sebanding dengan kinerja yang ditawarkan laptop ini.

Apple memberikan dua port USB-C pada MacBook Pro 13 inci. Sedangkan MacBook Pro 15 inci memiliki empat port USB-C.

Sumber Gambar : Engadget

Port di MacBook Pro mendukung USB 3.1 generasi kedua dan Thunderbolt 3. Jadi kalian bisa mengisi daya MacBook Pro menggunakan port mana pun, asal mereka kompatibel dengan USB-C.

Masih ada satu lagi fitur unggulan MacBook Pro, yakni Touch ID. Fitur ini akan mempercepat proses login di seluruh MacOS.

MacBook Pro 13 inci dibanderol dengan harga $1.299 atau sekitar Rp 18,4 juta. Sedangkan versi 15 inci, dibanderol seharga $2.399 atau Rp 34 juta.

Kesimpulan

Baik MacBook Air atau MacBook Pro memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sebenarnya hal ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

MacBook Air mungkin lebih berat dari MacBook Pro. Tapi laptop ini memiliki harga lebih murah, dan cocok untuk kegiatan sehari-hari.

MacBook Air sangat cocok untuk pelajar atau pekerja kantoran biasa. Harganya yang lebih terjangkau, membuat kalian tidak akan buang-buang uang hanya untuk aktivitas ringan.

Sedangkan MacBook Pro memang menyajikan spesifikasi yang jauh lebih canggih. Dari segi desain, fitur dan spesifikasi memang lebih unggul. Tapi laptop ini sangat mahal.

Oleh sebab itu, laptop ini ditujukan untuk para profesional dan pebisnis. Karena biasanya mereka menggunakan aplikasi bisnis yang berat. Hal ini tentu tidak bisa diatasi oleh MacBook Air.

Tapi semua kembali ke keinginan dan budget kalian. Itulah perbandingan antara MacBook Pro dan MacBook Air. Semoga bisa membantu kalau kamu mau beli Macbook.

    %d blogger menyukai ini: