Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Heboh! MagSafe iPhone Bisa Ganggu Alat Bantu Kesehatan

Indri Penulis

Heboh kabar MagSafe iPhone dapat ganggu alat bantu kesehatan. Benarkah seperti itu? Kamu akan temukan jawabannya di sini.

Istilah MagSafe tentunya sudah tidak asing lagi buat pengguna produk Apple, khususnya iPhone 12 Series dan MacBook lama. Wireless charging dengan magnet yang debut sejak bulan Oktober 2020 ini langsung menyedot perhatian banyak orang.

popculture.id

MagSafe sendiri tidak cuma bisa dipakai mengisi daya iPhone 12 Series. Namun wireless charging ini rupanya juga bisa mengisi daya ponsel lain, bahkan ponsel non-iPhone sekaligus.

Di balik kepraktisannya, MagSafe rupanya punya beberapa kekurangan. Salah satunya, bisa ganggu alat bantu kesehatan. Lho kok bisa?

Benarkah MagSafe Bisa Ganggu Alat Kesehatan?

Sejak peluncurannya, Apple sebenarnya telah mengakui kalau MagSafe bisa menyebabkan gangguan elektromagnetik di berbagai alat medis seperti alat pacu jantung dan defibrillator.

Tapi sepertinya kalian tidak perlu khawatir. Sebab Apple telah memberikan pedoman pemakai charger MagSafe di sekitar alat bantu kesehatan.

Sumber Gambar : Canada24 News English

Perangkat medis seperti alat pacu jantung implant dan defibrillator mungkin punya sensor yang merespon magnet dan radio saat ada di jarak dekat. Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, jagalah jarak aman iPhone dan MagSafe dari alat kesehatan (lebih dari 14cm, atau lebih dari 30cm jika isi daya secara nirkabel),” kata Apple (via Mac Rumors).

Walau Apple menyebutkan aksesoris MagSafe bisa mengganggu alat kesehatan, namun perusahaan lebih menekankan aksesoris seperti MagSafe Charger dan MagSafe Duo Charger.

Semua aksesoris MagSafe juga mengandung magnet. Tapi MagSafe Charger dan MagSafe Duo Charger punya tambahan radio. Magnet dan medan elektromagnetik inilah yang bisa mengganggu alat bantu kesehatan,” lanjut Apple.

Perusahaan juga mengatakan meski iPhone 12 Series punya lebih banyak magnet dibanding versi sebelumnya, tapi mereka tidak akan menimbulkan resiko gangguan magnetis yang lebih besar ke alat medis.

Sementara itu, awal bulan ini ada sebuah artikel di Heart Rhythm Journal yang mengatakan kalau iPhone 12 ‘berpotensi menghambat terapi penyelamatan nyawa pasien.’

Sumber Gambar : Techbeezer

Situs tersebut menyebutkan ada tiga dokter di Michigan yang mendekatkan iPhone 12 ke defibrillator cardioverter pasien. Hasilnya, status yang ada di alat medis tersebut berubah menjadi ‘suspended’ selama tes berlangsung.

Dengan ini kami menyatakan, iPhone 12 berpotensi menghambat terapi penyelamatan nyawa pasien. Terutama saat membawa ponsel di saku atas,” tulis para dokter di artikel tersebut.

Kasus di atas bisa jadi pelajaran buat kita semua. Khususnya buat tenaga medis atau pengguna iPhone 12 yang mungkin sedang berkunjung ke rumah sakit. Untuk jaga-jaga, mungkin kalian bisa menjauhkan iPhone 12 dari pasien atau alat medis yang disebutkan di atas.

    %d blogger menyukai ini: