5 Manga Pilihan Yang Bercerita Soal Mangaka

bakuman manga tentang mangaka

Mangaka adalah sebutan untuk mereka yang membuat manga (komik Jepang). Yang menarik, ada beberapa yang bercerita tentang kehidupan pembuat komik itu sendiri. Inilah beberapa manga tentang mangaka pilihan.

Bekerja sebagai seorang mangaka sering digambarkan sebagai penuh kerja keras, penuh persaingan, dan tidak jarang bertemu kegagalan. Di sisi lain, mereka juga disebut sebagai orang yang penuh semangat. Karena mereka mengejar mimpi dan melakukan apa yang mereka cintai.

Karena manga merupakan bagian dari industri kreatif yang cukup keras, tidak jarang para pembuat komik ini memiliki konflik dengan pihak penerbit (editor, dll), rekan kerja (asisten), atau orang yang dekat dengan mereka. Kisah-kisah inilah yang penuh dinamika dan menarik disimak.

Rekomendasi Manga Tentang Mangaka

Bakuman

komik tentang mangaka bakuman

Bakuman adalah sebuah manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata (yang juga membuat Death Note). Komik ini bercerita tentang Moritaka Mashiro dan Akito Takagi yang bercita-cita menjadi mangaka.

Komik ini memiliki cerita dan gambar yang bagus. Beredar di Shonen Jump dari tahun 2008 sampai 2012 (sampai tamat), Bakuman berhasil meraih kesuksesan bahkan di seluruh dunia.

Hitman

hitman manga (seo-kouji)

Hitman adalah manga karya Seo Kouji. Komik ini sebenarnya bercerita dari sudut pandang editor manga, bukan mangaka itu sendiri. Hitman bercerita tentang sepak terjang Kenzaki Ryuunosuke yang menjadi editor baru di Kodansha dan Tsubasa Takanashi yang menjadi mangaka dibawah arahan Ryuunosuke.

Komik ini beredar di Weekly Shonen mulai Juni 2018. Kesuksesan karya Seo Kouji sebelumnya, seperti Suzuka, Kimi no Iru Machi, dan Fuuka membantu mendongkrak kepopuleran manga ini.

RiN

RiN (Harold-Sakuishi)

RiN adalah manga karya Harold Sakuishi yang sebelumnya sukses dengan serial Beck (manga/anime soal musik). Mirip dengan Bakuman, namun dengan sedikit bumbu supranatural.

Komik ini bercerita tentang seorang pelajar bernama Fushimi yang ingin jadi mangaka. Ia bertemu dengan Rin, seorang model, yang memiliki indra keenam. Pertemuan keduanya menimbulkan misteri yang mempengaruhi karir Fushimi. Sayangnya, entah karena seri ini dihentikan atau memang seperti itu, akhir cerita komik ini terasa anti klimaks.

Shuukan Shounen Hachi

Shuukan Shounen Hachi

Shuukan Shounen Hachi adalah komik karya Masuda Eiji, pengarang Jitsu wa Watashi wa. Komik ini bercerita soal Yasaka Hachiki yang bersaing dengan Mikeya Touma (yang berbakat dan diunggulkan) di sekolah khusus untuk mangaka.

Komik ini lebih menekankan sisi kompetisi antar pelajar sekolah itu, khususnya kedua tokoh tadi, dibandingkan lika liku mangaka itu sendiri. Ironisnya, seolah mencerminkan kerasnya persaingan dunia manga, komik ini berumur pendek.

Aoi Honō

Aoi Honō (kadang disebut Aoi Honoo alias Blue Blaze) adalah manga karya Kazuhiko Shimamoto. Komik ini merupakan versi fiksi dari biografi sang mangaka itu sendiri, ketika ia menjadi pelajar di Osaka University of Arts. Aoi Honō beredar sejak tahun 2007, mendapat nominasi Osamu Tezuka Cultural Prize, dan sudah memiliki adaptasi seri drama TV (Juli-Oktober 2014).