Berbagai Media Sosial untuk Gamer Yang Layak Kamu Coba

Inilah beberapa pilihan media sosial untuk gamer, tempat kamu bisa berinteraksi dengan pemain lain, entah untuk ngobrol, cari teman, atau sekedar melihat review game.

Sudah bukan rahasia kalau media sosial sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Jadi tidak salah juga kalau kamu mencari media sosial yang sesuai dengan hobi. Termasuk kalau kamu hobi main game.

Lucunya, game merupakan industri yang besar, agak susah mencari media sosial yang memang khusus untuk hobi ini. Kebanyakan tetap “menempel” pada media sosial umum sebagai salah satu aspek saja (Facebook Gaming, Facebook Page dan Instagram Business dengan profesi gamer), atau pada platform tertentu (Xbox, PlayStation, Steam, Google Play Games, dll).

Tidak sedikit pula usaha membangun media sosial khusus untuk dunia game ini yang gugur. Misalnya seperti Clutch yang menawarkan berbagi klip pendek, atau bahkan Mixer dari Microsoft yang bersaing dengan Twitch.

Jadi, di daftar media sosial untuk gamer ini, mungkin kamu masih menemukan media sosial umum yang memiliki basis kuat di dunia gaming. Walau ada juga media sosial yang terhitung baru yang khusus untuk game. Tapi harap diingat, besar kemungkinan kalau media sosial itu bisa punah.

Nah, yuk kita lihat.

YouTube

Well, YouTube masih merupakan tempat rujukan para gamer. Entah untuk melihat kabar terbaru, konten seru, playthrough dan tutorial, sampai mengunggah video permainan mereka. Tentu, kamu bisa berinteraksi dengan gamer lain di sini. Bisa subscribe dan saling bertukar pengalaman di komentar.

Awalnya YouTube Gaming menjadi layanan tersendiri. Namun karena kurang berhasil, layanan ini pun masuk ke layanan YouTube utama. Anyway, baik kamu main di PC, konsol, atau mobile, kamu bisa eksis di sini.


Discord

Discord mungkin lebih nampak seperti aplikasi pesan versi canggih. Namun aplikasi ini banyak dipakai oleh komunitas gaming untuk berbagi pengalaman, termasuk tips dan trik, juga untuk berbagi konten permainan. Bahkan tidak sedikit penerbit game punya server Discord resmi untuk komunitasnya.

Berbeda dengan media sosial pada umumnya, cara pakai Discord berawal dari undangan untuk server bersangkutan. Jadi kamu harus membuka mata lebar-lebar untuk menemukan komunitas yang pas.


Twitch

Twitch merupakan media sosial yang terkenal sebagai tempat gamer melakukan live streaming game yang mereka mainkan. Namun platform ini lebih banyak menampilkan game PC atau konsol. Twitch juga menjadi pilihan tempat nongkrong gamer pro.


Facebook Gaming

facebook gaming, salah satu media sosial untuk gamer

Facebook Gaming jadi salah satu alternatif untuk melakukan live streaming game populer selain YouTube dan Twitch. Selain itu, platform ini juga menawarkan game untuk kamu mainkan. Tentu saja sisi media sosial tidak perlu dipertanyakan lagi. Ini Facebook, Bung.


GG

media sosial untuk gamer gg

Secara sederhana, GG boleh kita sebut sebagai Letterboxd untuk gamer. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat game yang pernah, akan, dan sedang kamu mainkan di berbagai platform. Kamu juga bisa memberi rating dan review, juga melihat opini pemain lain.

Boleh dibilang aplikasi ini merupakan layanan indie, karena hanya dikembangkan oleh satu orang. GG juga terhitung relatif baru. Jadi masih banyak fitur yang masih berkembang (kamu bisa memberi saran). Kalau kamu hobi memberi rating dan review game, aplikasi ini boleh kamu coba. Silakan cek situsnya.


Itulah beberapa media sosial untuk gamer yang layak kamu coba. Selain yang ada di atas, ada pula beberapa layanan seperti GamingBuddy (punya fitur cari teman untuk main) atau Rawg (seperti GG). Kamu juga bisa terjun di berbagai forum yang ada di Reddit.

%d blogger menyukai ini: