Meizu Zero: Handphone Tanpa Tombol dan Colokan Pertama Di Dunia

handphone meizu zero

Ketika Vivo baru menggoda dengan beberapa bocoran, Meizu dengan cepat merebut momen tersebut. Mereka mengumumkan Meizu Zero di CIna. Sebuah handphone tanpa tombol fisik dan tanpa colokan pertama di dunia.

Tren handphone 2019 yang diperkirakan akan berada di seputar lubang kamera di layar, sensor kamera besar, dan handphone lipat (juga masih sebatas teaser), ternyata kurang kontroversial.

Meizu menyebutkan kalau Zero merupakan handphone unibody yang terbungkus keramik dengan desain tanpa lubang. Yah, mungkin ada di bagian kamera dan mikrofon. Tapi, sekali lagi, tidak ada tombol fisik, tidak ada colokan, tidak ada slot SIM/microSD, dan bahkan tidak ada lubang speaker. Meizu Zero juga memiliki sertifikat IP68 (tahan air dan debu).

meizu zero tahan air

Layar OLED sebesar 5,99 inci di bagian depan memuat sensor sidik jari (FOD). Selain itu, layar tersebut juga berfungsi sebagai speaker. Meizu menyebut teknologi itu dengan nama mSound 2.0.

Sebagai pengganti tombol fisik yang biasanya ada di bagian samping, Meizu menggunakan teknologi haptic feedback. Jadi semacam tombol virtual seperti yang sekarang ada di layar sentuh. Sedangkan kartu SIM diganti dengan penggunaan SIM elektronik alias eSIM.

meizu zero handphone tanpa tombol

Dengan tidak adanya colokan USB, maka Meizu Zero bersandar penuh pada wireless charging untuk pengisian daya. Walau belum ada informasi mengenai berapa kapasitas baterainya, Meizu menyebut kalau  kapasitas pengisian dayanya mencapai 18W, dua kali dari yang dimiliki oleh handphone Samsung.

Informasi lain dari Meizu meliputi penggunaan prosesor Snapdragon 845, kamera ganda 12MP + 20 MP di bagian belakang, dan kamera 20 MP di bagian depan. Kamera selfie ini kelihatannya terletak di bingkai atas layar, bukan menggunakan desain lubang di layar.

meizu zero wireless charging

Meizu belum memberi informasi lain, seperti RAM, kapasitas penyimpanan, harga dan wilayah ketersediaan. Melihat pengumuman handphone Meizu Zero dilakukan saat ini, kita bisa berharap akan ada informasi lebih jelas di acara Mobile World Congress (MWC) bulan depan.

UPDATE #1 — Ternyata ponsel ini merupakan ponsel konsep. Jadi belum tentu akan dirilis ke konsumen umum dalam waktu dekat.

UPDATE #2 — Sekarang Meizu Zero hadir sebagai kampanye crowdfunding di Indiegogo. Harga yang ditawarkan mulai dari $1299.